Share

Mudik, Jangan Lupa Bawa Masker dan Hand Sanitizer Ya

Tim Okezone, Okezone · Senin 25 April 2022 09:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 25 612 2584645 mudik-jangan-lupa-bawa-masker-dan-hand-sanitizer-ya-JIWtHdFXjS.jpg Mudik Lebaran. (Foto: Okezone)

SEBELUM mudik Lebaran ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar tetap fit di perjalanan. Tak hanya dewasa, namun juga anak-anak dan orang tua.

Pandemi Covid-19 belum berlalu, namun Anda harus ekstra menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Apalagi saat mudik yang harus menempuh pejalnana jauh.

Terlebih ketika Anda musik menggunakan mobil pribadi ke Pulau Jawa atau Sumatera, Anda harus mengahabiskan waktu belasan jam di jalan.

Jika tidak fit, Anda akan mudah jatuh sakit. Alih-alih bisa terpapar Covid-19 karena imunitas menurun.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Good Doctor Technology Indonesia dr Vikie Nouvrisia A, MGizi, SpGK mengingatkan, jelang mudik ini agar Anda tetap menjaga kesehatan dan menjaga protokol kesehatan.

"Kalau untuk perjalanan mudik itu kembali ke masing-masing orang, naik moda transportasi apa. Kalau memang pakai transportasi umum, tetap prokes pakai masker, tetap cuci tangan, tetap harus hati-hati menghindari kerumunan saat berhenti di tempat transit," katanya dalam acara LSPR x Good Doctor Part VI - The Closing of Webinar Series.

Sementara bila Anda menggunakan kendaraan pribadi, saat berhenti di rest area juga sama saja. Hindarilah kerumunan, tetap pakai masker, cuci tangan, menggunakan handsanitizer dan yang lainnya.

Menurut Dokter Vikie, menjaga kebugaran tubuh anak-anak dan orang tua sangat penting di perjalanan. Karena mereka tergolong orang-orang dengan imunitas tubuh yang lemah.

Paling penting juga selama perjalanan jangan lupa untuk tetap menghidrasi tubuh. Sekalipun Anda berpuasa, saat sahur dan buka puasa harus tetap minum 8 gelas air untuk orang dewasa dan 4-6 gelas untuk anak-anak.

"Kemudian makanan pada saat sahur, makanannya lengkap agar semua zat gizi lengkap untuk jaga imunitas."

"Lalu makan berbuka jangan dilewatkan, apalagi kalo menunda buka puasa, jadi pas buka puasa tiba meski di perjalanan tetap tidak boleh dilewatkan dan tetap makan seperti buka puas biasa," terangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini