Share

Ini 5 Cara untuk Tetap Sehat Selama Puasa Ramadan

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Selasa 26 April 2022 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 26 481 2585562 ini-5-cara-untuk-tetap-sehat-selama-puasa-ramadan-oMW4JrC8id.jpg Ilustrasi Sehat saat Puasa Ramdan. (Foto: Shutterstock)

ADA 5 cara untuk tetap sehat selama puasa Ramadan perlu Anda ketahui agar puasa lancar hingga hari raya. Selama bulan puasa, akan ada banyak perubahan pada pola hidup sehari-hari. Mulai dari pola tidur hingga pola aktivitas.

Tubuh pun harus mulai beradaptasi lagi dengan pola kehidupan yang baru. Tak heran jika beberapa orang mungkin akan merasa tubuh kurang fit dan kurang bertenaga. Maka dari itu, Anda harus tahu bagaimana tips agar tetap sehat saat puasa.

Nah, berikut ini adalah 5 Cara untuk Tetap Sehat Selama Puasa Ramadan yang dapat Anda ikuti.

Sehat di Bulan Puasa

Cukupi kebutuhan cairan pada tubuh

Tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi merupakan sebuah kondisi yang cukup umum terjadi saat Anda tengah berpuasa. Pasalnya, saat berpuasa Anda tidak diperbolehkan minum selama lebih darir 10 jam. Maka dari itu, Anda harus pintar-pintar menjaga agar tubuh tetap terhidrasi.

Caranya adalah dengan minum 8 gelas air setiap hari. Anda bisa membaginya menjadi 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas di sepanjang malam sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur.

Konsumsi buah kaya akan air

Selain mengkonsumsi air putih yang cukup, Anda juga dapat mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan air sebagai salah satu cara mencegah dehidrasi dan tubuh yang kurang bugar.

Buah-buahan yang dimaksud antara lain, pir, semangka, persik, dan lain-lain. Jika tubuh Anda terhidrasi dengan benar maka Anda akan terhindar dari risiko mudah lelah, kulit kering, pusing, dan sebagainya.

Makan kurma saat buka puasa

Salah satu sunah Rasulullah adalah makan kurma saat berbuka puasa. Ternyata, di balik manisnya kurma mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya mengembalikan stamina tubuh Anda.

Tetap berolahraga

Rutin melakukan olahraga disaat berpuasa bukan sebuah masalah. Anda bisa melakukan olahraga dengan intensitas yang ringan selama 30-60 menit sebelum berbuka puasa. Rutin berolahraga tentu akan membantu tubuh Anda untuk tetap sehat.

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup adalah salah satu cara agar tubuh Anda tetap sehat dan bugar. Selama bulan Ramadan, kurangi kegiatan di malam hari, seperti begadang. Sebaiknya gunakan waktu tersebut untuk tidur agar tubuh Anda tetap fit.

Demikian 5 Cara untuk Tetap Sehat Selama Puasa Ramadan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini