Share

Ini Waktu yang Tepat untuk Sikat Gigi Saat Puasa

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Selasa 26 April 2022 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 26 612 2585515 ini-waktu-yang-tepat-untuk-sikat-gigi-saat-puasa-PpLhIUT4sn.jpg Ilustrasi Sikat Gigi. (Foto: Shutterstock)

ADA waktu yang tepat untuk sikat gigi saat puasa. Saat menunaikan ibadah puasa, mulut mungkin saja menimbulkan bau yang kurang sedap.

Hal ini disebabkan kondisi mulut kering, tidak makan dan minum selama berpuasa. Sebab, produksi air liur menurun dapat membuat bakteri di mulut mudah untuk berkembang.

Biasanya, beberapa orang mencoba berbagai cara untuk menghindari bau mulut saat puasa, salah satunya sikat gigi lebih sering. Akan tetapi, meningkatkan frekuensi sikat gigi saat puasa belum tentu menjadi jawaban tepat untuk membuat mulut tetap segar.

Perlu diketahui pula, jika orang berpuasa dilarang memasukan benda apapun ke dalam tubuh. Sehingga sikat gigi secara berlebihan ditakutkan dapat menyebabkan puasa batal. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk sikat gigi saat puasa? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Sikat Gigi

Waktu Tepat Untuk Sikat Gigi

Sikat gigi saat puasa dapat dilakukan saat sebelum tidur di malam hari dan setelah menikmati santap sahur. Waktu yang tepat untuk menyikat gigi setelah makan adalah 30 menit apabila mengonsumsi makanan atau minuman asam.

Namun, bila Anda dalam keadaan sangat mendesak sehingga diharuskan sikat gigi di siang hari saat puasa, Anda dapat menggunakan kayu siwak atau menyikat gigi tanpa menggunakan pasta.

Rekomendasi sikat gigi setiap harinya adalah 2 kali sehari. Pastikan Anda menyikat gigi dengan teknik yang benar. Cara menyikat gigi yang salah, seperti menyikat terlalu keras dapat menyebabkan lapisan gigi terkikis.

Berikut cara menyikat gigi yang tepat adalah:

- Posisi kepala sikat miring, 45 derajat dari gusi

- Menyikat gigi dari depan ke belakang dengan lembut

- Sikat permukaan yang digunakan untuk mengunyah, luar dan dalam gigi

- Sikat permukaan dalam gigi baris depan dengan memiringkan kepala sikat secara vertikal. Lakukan menyikat dengan gerakan atas ke bawah.

Demikianlah waktu yang tepat untuk sikat gigi saat puasa untuk dipahami.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini