Share

Manfaat Teman Baik bagi Kesehatan Mental, Apa Saja?

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 26 April 2022 23:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 26 612 2585610 manfaat-teman-baik-bagi-kesehatan-mental-apa-saja-P6qpTELYQ8.jpg Teman baik menyehatkan mental (Foto: Elephant journal)

PUNYA hubungan yang menyenangkan dengan teman baik memberikan dampak positif bagi tubuh dan mental. Sama seperti makan sehat dan olahraga, harus dianggap sebagai investasi yang diperlukan untuk kesehatan Anda.

Menghabiskan waktu bersama teman baik tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan fisik dan emosional jangka panjang.

Menghabiskan waktu bersama mereka pun akan mendatangkan manfaat untuk Anda. Nah, melansir laman Pinkvilla berikut alasan mengapa menghabiskan waktu bersama teman penting untuk kesehatan mental Anda.

 teman mengurangi stres

1. Mengurangi stres

Setiap orang mengalami peristiwa stres. Jika Anda tahu bahwa Anda dapat mengandalkan orang lain, kemungkinan kecil Anda akan menganggap masa sulit sebagai stres. Pertimbangkan terakhir kali Anda kesal atau khawatir tentang sesuatu.

Mungkin Anda mengungkapkan kekhawatiran Anda kepada seorang teman, yang mendengarkan Anda curhat dan membantu Anda dalam mencari solusi. Potensi stresor tidak memiliki kesempatan untuk membangun dan menyebabkan tekanan yang signifikan jika Anda tahu Anda memiliki teman yang peduli dan ingin membantu.

2. Teman dapat membantu meningkatkan harga diri

Teman dapat meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri Anda. Pemandu sorak Anda adalah teman yang baik. Anda selalu ingin teman-teman yang bahagia bagi Anda untuk berbagi dalam kesuksesan Anda. 

Saat Anda merasa tidak yakin, teman yang suportif dapat membantu Anda merasa lebih percaya diri dengan memberikan pujian dan kepastian. Mereka akan menyoroti betapa luar biasanya Anda dan seberapa banyak yang Anda tawarkan kepada orang lain.

3. Teman memberi Anda dukungan emosional

Jika Anda berada dalam situasi yang sulit, memiliki teman untuk membantu Anda dapat membuat transisi lebih mudah. Ikatan sosial memberikan dukungan emosional, yang meningkatkan kesejahteraan psikologis Anda.

Orang yang menganggap teman dan keluarga mereka sebagai pendukung dianggap memiliki makna hidup yang lebih besar dan tujuan yang lebih kuat.

4. Teman tempat curhat

Curhat alias mengeluarkan uneg-uneg bersama teman memang menyenangkan. Selain itu beban di hati bisa lebih terkurangi. Makanya jagalah teman baikmu yang sering membantumu menjaga kesehatan mentalmu.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini