Share

Pentingnya Konsumsi Asupan Sehat untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kevi Laras, Jurnalis · Rabu 27 April 2022 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 27 298 2585946 pentingnya-konsumsi-asupan-sehat-untuk-tingkatkan-sistem-kekebalan-tubuh-zJBQEPWFRH.jpg Asupan sehat untuk kekebalan tubuh (Foto: Food beverage inside)

MENJAGA asupan sehat di tengah bulan puasa dan pandemi menjadi keharusan setiap orang agar tetap sehat. Lantas seperti apa asupan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh di tengah Covid-19?

Merangkum dari Panduan Gizi Seimbang pada Masa Pandemi Covid-19 dari laman resmi Kemenkes. Asupan sehat terukur dalam isi piring makanan sehari-hari yang terdiri dari beberapa unsur, seperti makanan pokok sumber karbohidrat (nasi jagung kentang atau umbi-umbian).

 makanan sehat

Kedua, lauk pauk sebagai sumber protein dan mineral, seperti daging, ikan, ayam, telur dan lauk nabatinya tahu tempe dan kacang-kacangan.

Protein dalam ayam membantu memberi tubuh energi untuk pulih dan cairan dalam sup membantu hidrasi tubuh, yang dapat membantu penyembuhannya dari penyakit, termasuk flu.

Lebih lanjut, menurut Instruktur Klinis di UCLA Pauline Jose, penambahan daging ayam bagian dada kaya akan antioksidan carnosine dan anserine turunannya. Ini dapat membantu membersihkan saluran hidung.

"Mengencerkan dan membersihkan lendir di saluran hidung," katanya.

Kemudian, mengonsumsi sayur dan buah menjadi sumber vitamin mineral dan serat. Memilih sayuran dan buah yang berwarna, lebih banyak mengandung vitamin.

Serta tidak lupa minum air putih 8 gelas sehari. Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan aman dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko penyakit kronis dan infeksi.

Vitamin C meningkatkan kekebalan, buah jeruk dapat membantu tubuh Anda mempertahankan diri dari infeksi tertentu.

 BACA JUGA:4 Makanan Sehat bagi Wanita yang Sedang Diet

Tidak lupa semua bahan masakan, seperti sayur buah, dicuci bersih sebelum digunakan/dimasak. Lalu, dimasak dengan matang dan hindari gula, garam dan lemak secara berlebihan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini