Share

4 Manfaat Puasa Bagi Anak, Bantu Tingkatkan Imun Loh

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 27 April 2022 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 27 481 2586084 4-manfaat-puasa-bagi-anak-bantu-tingkatkan-imun-loh-oNclSRwSw8.jpg Ilustrasi Manfaat Puasa bagi Anak. (Foto: Shutterstock)

ADA manfaat Puasa bagi anak. Puasa memang saat untuk menahan diri baik makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Di Indonesia, puasa di bulan Ramadan umumnya berlangsung selama 10–12 jam.

Puasa bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Jika membahas manfaat puasa bagi kesehatan, tak perlu diragukan lagi. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa puasa dapat mengontrol kadar gula dalam darah, menyehatkan jantung, hingga membantu mengontrol berat badan.

Selain itu, bagi anak-anak puasa dapat dimanfaatkan sebagai ajang pembentukan karakter anak sejak dini. Lantas, apa saja manfaat puasa bagi anak? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Anak Puasa

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Berpuasa dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Riset menunjukkan bahwa puasa selama beberapa waktu terlihat dapat merangsang aktivitas sel darah putih dan membentuk daya tahan tubuh agar lebih kuat.

Dengan imunitas tubuh yang baik, anak akan lebih kuat melawan berbagai virus dan kuman penyebab penyakit. Hal ini baik untuk mendukung kesehatan tubuh dan membuatnya tidak mudah jatuh sakit.


Mencegah anak kelebihan berat badan

Saat sedang puasa, waktu makan dan minum anak akan dibatasi sehingga terhindar dari makan berlebihan. Selain itu, puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh anak. Hal itu dapat membuat anak mampu mengontrol berat badannya dengan lebih baik sekaligus mencegah obesitas.

Mengajarkan anak untuk disiplin

Dalam menjalankan puasa, anak tentunya harus belajar menyesuaikan diri dengan waktu makan, tidur, bermain, belajar, dan beribadah. Hal ini secara tidak langsung mengajarkannya untuk lebih teratur dalam beraktivitas. Aturan-aturan yang diterapkan ketika berpuasa ini dapat membuat anak terbiasa untuk mematuhi peraturan dan hidup lebih disiplin.

Melatih anak mengendalikan diri dan bersabar

Berpuasa juga dapat membantu mengendalikan diri dan bersabar, dengan menunggu waktu berbuka ini bisa menjadi cara untuk anak belajar bersabar.

Tidak hanya menahan haus dan lapar saja, puasa juga dituntut menahan diri agar tidak marah. Hal ini bisa menjadi momen anak untuk belajar cara mengontrol emosi. Puasa juga bisa menjadi momen yang tepat untuk melatih dan menumbuhkan rasa empati pada anak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini