Share

Begini Cara Diet Saat Puasa Ramadan, Mudah Dilakukan Kok

Rina Anggraeni, Sindonews · Rabu 27 April 2022 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 27 612 2586154 begini-cara-diet-saat-puasa-ramadan-mudah-dilakukan-kok-75ksmDlfWz.jpg Ilustrasi Diet saat Puasa. (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA cara diet saat puasa Ramadan bisa dilakukan dengan mudah, sehingga kita bisa memiliki tubuh ideal. Mengatur asupan makanan dan pola makan pun menjadi bagian penting dari diet.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengatur asupan nutrisi. Saat berpuasa, usahakan untuk sahur dan buka dengan karbohidrat baik, sebut saja gandum utuh, ketang, nasi merah, atau oat. Kurangi asupan nasi putih secara berlebihan.

Kemudian, untuk sumber proteinnya, Anda bisa mengambilnya dari telur, keju, atau kacang almond. Sumber makanan ini tentunya baik untuk tubuh Anda dan yang terpenting, sangat minim terjadinya kelebihan protein yang berbahaya bagi tubuh. Jangan lupakan untuk konsumsi serat dan air putih yang cukup, ya.

Selain itu, cara diet saat puasa Ramadan bisa dilakukan adalah dengan mengurangi konsumsi produk olahan. Ini bukan hanya menyoal daging olahan, tetapi juga semua makanan yang mengandung MSG tinggi, pewarna buatan, atau juga pemanis buatan. Makanan seperti ini seharusnya dikurangi atau diberhentikan sama sekali supaya tubuh vit sepanjang bulan puasa.

Diet saat Puasa

Hal lain yang harus diperhatikan adalah jangan pernah makan buru-buru saat jam makan di bulan puasa. Percaya atau tidak, dengan mengonsumsi makanan secara cepat, maka Anda bisa merasakan lapar lebih cepat setelah Anda mendapatkan sumber makanan sebelumnya.

Tidak hanya itu, makan cepat juga akan memengaruhi kondisi sistem pencernaan Anda. Ketidakoptimalan penyerapan nutrisi dari makanan bisa menimbulkan reaksi yang kurang baik, salah satunya mual. Makanya, selalu perhatikan kecepatan Anda makan, ya.

Sementara itu, agar diet sehat tetap terjaga saat berpuasa, maka Anda wajib memerhatikan jumlah asupan minuman dan sayuran yang dikonsumsi. Pemenuhan serat tubuh tentunya baik untuk menjaga kestabilan bobot tubuh, bahkan bisa membantu mengurangi berat badan. Ingat, sumber mineral yang baik tetaplah air putih. Jika merasa perlu mengonsumsi minuman berisotonik, maka jangan terlalu sering mengonsumsinya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini