Share

10 Makanan Pantangan Penderita Ginjal dan Diabetes Menurut Ahli Gizi

Pradita Ananda, Okezone · Kamis 28 April 2022 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 28 298 2586923 10-makanan-pantangan-penderita-ginjal-dan-diabetes-menurut-ahli-gizi-MaqZeIApXG.jpeg 10 Makanan Pantangan Penderita Ginjal dan Diabetes (Foto: Healthline)

10 MAKANAN pantangan penderita ginjal dan diabetes penting untuk diketahui. Karena, pola makan yang sehat adalah kunci penyakit ginjal dan diabetes terkontrol.  

Ginjal merupakan salah satu organ yang paling berperan penting bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Organ ginjal bertugas menyaring darah, menghilangkan sisa produk limbah, menghasilkan hormon, menjaga tulang agar tetap kuat, mengatur keseimbangan cairan, dan mengatur tekanan darah tubuh kita.

Maka dari itu, orang dengan penyakit ginjal dan diabetes harus memantau asupan makanannya. Ada beberapa makanan yang diketahui adalah pantangan bagi orang penderita penyakit ginjal dan diabetes.

Apa saja pantangan makanan tersebut? Melansir Healthline, yang secara medis sudah ditinjau ahli gizi, Amy Richter, RD, Kamis (28/4/2022) berikut uraian singkat 10 makanan pantangan penderita ginjal dan diabetes.

Daging olahan

10 Makanan Pantangan Penderita Ginjal dan Diabetes

(10 Makanan Pantangan Penderita Ginjal dan Diabetes, Foto: Healthline)

Dibuat dengan proses mengeringkan, mengasinkan, mengawetkan, atau mengasapi daging untuk meningkatkan rasa, tekstur, dan umur simpannya. Maka dari itu, daging olahan biasanya memiliki kandungan natrium yang tinggi. Makanan natrium tinggi tidak ideal untuk penderita penyakit ginjal dan diabetes karena kelebihan natrium secara signifikan membebani kerja ginjal.

BACA JUGA : Apakah Benar Pasien Penyakit Ginjal Tak Boleh Konsumsi Tempe?

Soda

Terutama jenis yang warnanya gelap mengandung fosfor, yang digunakan untuk mencegah perubahan warna, memperpanjang umur simpan, dan menambah rasa. Soda dan minuman manis lainnya juga mengandung banyak gula tambahan. Semua ini tidak baik karena jika dikonsumsi terus menerus bisa merusak saraf, merusak ginjal lebih lanjut, dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

BACA JUGA : Lakukan 5 Kebiasaan Sederhana Ini Bantu Ginjal Tetap Sehat

Buah tinggi potassium

Pengidap ginjal dan diabetes direkomendasikan membatasi asupan buah-buahan tertentu, terutama yang tinggi gula dan potasium. Contohnya pisang, alpukat, aprikot, kiwi, dan jeruk.

Buah kering

Pantang dimakan pengidap penyakit ginjal dan diabetes karena tinggi kandungan gula dan mineral seperti potassium.

Kacang-kacangan dan lentil

Secara umum makanan ini memang sehat. Tapi untuk orang dengan ginjal dan diabetes, kacang-kacangan dan lentil entah yang kalengan atau segar sekalipun jadi pantangan -karena kandungan fosfornya yang relatif tinggi. Bahkam yang kalengan biasanya juga tinggi akan sodium.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Makanan kemasan dan instan

(10 Makanan Pantangan Penderita Ginjal dan Diabetes, Foto: Healthline)

10 Makanan Pantangan Penderita Ginjal dan Diabetes

(10 Makanan Pantangan Penderita Ginjal dan Diabetes, Foto: Healthline)

Makanan kemasan, instan, dan makanan cepat saji umumnya cenderung tinggi sodium. Makanan tipe ini juga banyak diproses dan biasanya tinggi akan karbohidrat olahan, yang mana tak ideal bagi penderita diabetes, karena karbohidrat olahan dicerna dengan cepat dan cenderung meningkatkan kadar gula darah.

Jus buah

Hindari jus buah dan minuman manis lainnya, mengingat ini cenderung tinggi gula tambahan yang bisa menyebabkan lonjakan cepat gula darah dalam tubuh. Bahkan jus buah tertentu tinggi kandungan potassium.

Bayam

Bayam, bit, lobak, dan sayuran berdaun hijau tertentu lainnya ini sayangnya jadi pantangan pengidap ginjal dan diabetes karena kandungan potassiumnya yang tinggi.

Snack

Makanan ringan seperti keripik, kerupuk, dan pretzel biasanya tinggi garam dan karbohidrat olahan. Makanya jadi pantangan untuk mereka yang menderita penyakit ginjal dan diabetes. Camilan seperti keripik kentang juga mengandung kalium atau fosfor tinggi, baik alami maupun sebagai hasil dari aditif.

Kentang dan ubi jalar

Sumber karbohidrat selain nasi ini tinggi potasium. Sebaiknya tidak dikonsumsi? Apalagi oleh orang-orang dengan penyakit ginjal stadium akhir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini