Share

Pemudik Istirahat di Rest Area Dibatasi 30 Menit, Memangnya Cukup?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 28 April 2022 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 28 481 2586695 pemudik-istirahat-di-rest-area-dibatasi-30-menit-memangnya-cukup-qMfxiNQ6wT.jpg Mudik Lebaran. (Foto: Okezone)

ISTIRAHAT untuk para pemudik di rest area memang hanya 30 menit. Imbauan tersebut sesuai dengan instruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Mencegah penyebaran virus jadi alasan utamanya. Selain itu, imbauan tersebut juga berguna untuk menghindari kepadatan di dalam rest area, sehingga dapat memberikan kesempatan bagi pengguna jalan lainnya untuk memanfaatkan fasilitas di rest area.

Ya, alasan mencegah penyebaran Covid-19 jadi landasan imbauan istirahat di rest area cuma 30 menit. Bagaimana ahli epidemiologi menilai imbauan tersebut? Sudahkah sesuai dengan ilmu epidemiologi dalam upaya menekan kasus Covid-19 di masyarakat?

Dijelaskan Ahli Epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman, durasi 30 menit waktu yang diberikan untuk beristirahat di rest area memang sesuai dengan ilmu epidemiologi di masa pandemi ini.

"Ada riset di awal pandemi menunjukkan bahwa minimum orang terpapar Covid-19 itu 15 menit saat kontak dekat dengan pasien, di ruang tertutup. Nah, kalau di ruang terbuka tentu berbeda dan rata-rata pengambil kebijakan di berbagai belahan dunia mengambil kesimpulan 2 kali dari itu yaitu 30 menit," papar Dicky saat dihubungi MNC Portal, Kamis (28/4/2022).

"Jadi, itu dasar dari penetapan waktu maksimal 30 menit beristirahat di rest area," tegasnya.

Dicky dalam kesempatan itu pun menyatakan bahwa sejatinya risiko terpapar Covid-19 bisa benar-benar ditekan seminimal mungkin dengan penerapan kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan.

Artinya, pemudik tetap diimbau untuk pakai masker di rest area dan dipastikan sekali lagi, sebelum berangkat mudik sudah menerima booster terlebih dulu.

"Ya, walaupun ini sebetulnya akan jauh lebih berkurang risikonya kalau pemudik pakai masker dan booster. Tapi, untuk prinsip kehati-hatian, imbauan 30 menit di rest area bisa diberlakukan," tambahnya.

(mrt)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini