Share

Merasa Sahabat Nikahi Orang yang Salah? Begini Cara Memberitahunya

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 28 April 2022 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 28 481 2586806 merasa-sahabat-nikahi-orang-yang-salah-begini-cara-memberitahunya-46fTOUETRj.jpg Ilustrasi Pernikahan. (Foto: Shutterstock)

KETIKA seseorang jatuh cinta, mereka memang sulit melihat pasangannya dengan jelas. Tidak jarang, banyak orang masih tetap bertahan, meskipun dia mendapatkan perlakuan kasar.

Apalagi jika orang yang mengalami hal tersebut adalah teman kita. Seharusnya kita memang senang, ketika teman kita menikah. Tapi, ketika kita mengetahui siapa yang mereka nikahi, bisa jadi hal ini malah membuat kita khawatir.

Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, penilaian yang tidak baik terhadap calon mempelai sahabat adalah suatu hal wajar. Setiap orang memiliki penilaian berbeda-beda atas apa yang dilihat ataupun diketahui dari cerita orang lain.

Mengungkapkan kekhawatiran Anda kepada teman dekat terkadang tak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Berikut tipsnya:

- Pikirkan Kembali Apa yang Membuat Anda Tidak Setuju

- Ingatlah, ini adalah pernikahan sahabat, bukan Anda sendiri. Bisa saja apa yang Anda nilai tidak baik justru menjadi hal yang tidak dipermasalahkan teman Anda, terlebih kebutuhan dan nilai yang orang lain miliki bisa saja berbeda.

- Tanyakan Hal yang Membuat Anda Khawatir

Menikah

Pada tahap awal, sebaiknya hindari menyampaikan secara langsung dan gamblang penilaian pribadi kepada sahabat. Pasalnya, hal ini mungkin bisa menimbulkan pertengkaran. Cobalah untuk menanyakan pendapatnya secara umum terkait hal-hal yang Anda khawatirkan. Misalnya, menanyakan tentang respons sahabat tentang lingkungan pertemanan pasangannya atau lainnya.

Hal itu diharapkan bisa membuat sahabat memikirkan dan mempertimbangkan kekhawatiran Anda. Tetapi, sebaiknya tidak menakuti atau membuatnya overthinking.

Jelaskan Kekhawatiran yang Anda Rasa

Jika Anda memutuskan untuk mengutarakan kecemasan kepada sahabat, sampaikan pelan-pelan dan bijak. Tunjukkan bahwa Anda hanya khawatir sebagai sahabat dan ingin yang terbaik untuknya, tanpa harus menjelek-jelekkan pasangannya.

Perhatikan juga momen untuk mengungkapkan kekhawatiran, misalnya ketika makan bersama dengan suasana santai. Membicarakan hal ini menjelang pertunangan atau pernikahan bisa saja membuat sahabat stres.

Doakan yang Terbaik

Hal yang penting, doakan saja yang terbaik untuk sahabat. Beritahu ia jika Anda akan selalu ada untuknya dan berusaha membantu sebisa mungkin. Dukungan seperti itu penting untuk menjalin persahabatan yang sehat.

Terima dan Hargai Pilihan Sahabat

Menurut Ikhsan, sebagai sahabat Anda harus tetap menerima apa pun keputusan yang diambilnya. “Karena, yang bisa membuat keputusan itu adalah dirinya sendiri. Sahabat Anda tentu memiliki pertimbangan tertentu,” ujarnya.

“Yang terpenting adalah keputusan itu diambil sudah matang dan Anda hanya memberikan dukungan, meskipun pilihannya itu tidak sesuai dengan kita dan berbeda dengan yang sudah didiskusikan,” lanjut Ikhsan.

Psikolog Ikhsan juga menyampaikan, rasa keberatan terhadap pilihan sahabat bisa memicu konflik. Karenanya, sadari bahwa apa pun yang terjadi merupakan keputusan sahabat.

Jika memang sahabat tidak setuju dengan pendapat Anda, tak perlu memaksakan. Jangan sampai perbedaan pandangan merusak persahabatan. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar friendship, tanya kepada psikolog melalui Live Chat di aplikasi KlikDokter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini