Share

Beautypedia: Perlukah Cuci Muka dengan Sabun di Pagi Hari?

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 28 April 2022 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 28 611 2586851 beautypedia-perlukah-cuci-muka-dengan-sabun-di-pagi-hari-Y8SR3eKm25.jpg Ilustrasi Perawatan Kulit Wajah. (Foto: Shutterstock)

GUNA mendapatkan wajah yang cerah dan juga bersih, kita memang harus menggunakan skincare. Bukan hanya para perempuan, pria pun saat ini sudah semakin banyak yang aware dengan perawatan ini.

Rutinitas skincare juga mampu menghilangkan minyak wajah sehabis bangun tidur. Beberapa orang mencuci mukanya di pagi hari menggunakan sabun wajah atau facial cleanser agar kotoran lebih terangkat.

Tetapi, sebagian orang lainnya tidak sependapat dengan cara itu. Mereka justru memilih cuci muka tiap pagi dengan air saja agar kulit tetap lembap. Lantas, sebenarnya manakah yang terbaik? Cuci muka pagi hari dengan sabun atau hanya air? Mari cari tahu jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Beberapa orang beranggapan, sabun cuci muka tidak diperlukan di pagi hari. Karena, mereka merasa sudah cukup membersihkan muka dengan baik di malam hari. Jadi, di pagi hari cukup membilas wajah dengan air untuk menghilangkan sebum (minyak).

Mereka yang tidak menggunakan sabun wajah menganggap, ketika langsung tidur setelah mencuci muka malam hari, wajah tidak bersentuhan dengan sesuatu yang benar-benar perlu dibersihkan di pagi hari. Selain itu, bagi beberapa orang, membersihkan wajah di pagi hari dengan facial foam dinilai hanya akan menghilangkan minyak alami di wajah. Akibatnya, kulit bisa lebih kering.

Perawatan Wajah

Dokter kulit dan asisten profesor klinis dermatologi, Fakultas Kedokteran University of Miami, dr. Todd Minars, MD, mengatakan mencuci muka di malam hari jauh lebih penting dibanding cuci muka pagi hari. Menurutnya, jika Anda tidur dengan wajah bersih tanpa kotoran dan riasan, maka cuci muka secara menyeluruh tiap pagi tidak diperlukan.

“Tetapi, jika Anda mengalami masalah khusus yang memerlukan perhatian di pagi hari, tidak apa-apa melakukannya. Tetapi, saya melihat lebih banyak manfaat membersihkan wajah di malam hari,” ucap dr. Minars.

Nah, di sisi lain, sebagian orang tidak sependapat dan memilih mencuci muka di pagi hari menggunakan sabun muka. Karena, bakteri dan kotoran di bantal bisa saja menempel di wajah sehingga perlu dibersihkan di pagi hari dengan sabun.

Lantas, mana yang lebih baik? Dokter Devia Irine Putri mengatakan, sebenarnya pilihan menggunakan sabun muka atau tidak di pagi hari dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit. “Kalau pagi hari, sebaiknya tetap mencuci wajah apalagi kalau pakai skincare di malam hari. Sebaiknya tetap pakai sabun wajah,” ucapnya.

Menurut dr. Devia, mencuci muka dengan air saja tidak masalah, asalkan Anda tetap menggunakan produk pembersih wajah seperti micellar water berbahan lembut.

Kemudian, bila ingin menggunakan perawatan muka di pagi hari seperti pelembap dan sunscreen, Anda disarankan mencuci muka dengan sabun terlebih dahulu.Pasalnya, membasuh wajah dengan air saja tidak cukup untuk menghilangkan minyak saat Anda bangun tidur. Lalu, menggunakan skincare pada wajah yang belum dibersihkan optimal dapat membuat produk tidak bekerja dengan baik.

Untuk tips mencuci muka di pagi hari, penggunaan facial foam atau tidak bisa disesuaikan dengan kondisi wajah. Jika Anda memiliki kulit wajah yang cukup kering dan sensitif, maka hindari mencuci wajah dengan sabun terlalu sering.

Beberapa ahli dermatologi mengatakan, umumnya Anda hanya perlu mencuci muka dengan sabun wajah paling banyak dua kali sehari. Pemilihan jenis pembersih muka harus disesuaikan dengan kondisi kulit. “Setidaknya dua kali dalam sehari jika mau cuci wajah dengan sabun, terlebih jika beraktivitas banyak di luar ruangan,” ucap dr. Devia.

Tiga kali mencuci muka boleh saja dilakukan jika Anda berkegiatan di luar ruangan yang membuat wajah sangat berkeringat. Namun, hal ini tidak boleh dilakukan terlalu sering. Mencuci wajah berlebihan dapat menimbulkan masalah pada kulit, seperti munculnya jerawat, kekeringan, atau iritasi. Kondisi ini bisa dikarenakan minyak alami kulit yang banyak terangkat akibat sering cuci muka pakai sabun.

Bila Anda bingung bagaimana cuci muka pagi hari yang tepat sesuai kondisi kulit, konsultasi kepada dokter kulit via Live Chat di aplikasi KlikDokter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini