Share

Kenali 6 Efek Samping Lakukan Waxing di Wajah

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 28 April 2022 22:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 28 611 2586883 kenali-6-efek-samping-lakukan-waxing-di-wajah-QSYc8511BY.jpg Ilustrasi Kulit Wajah. (Foto: Shutterstock)

BANYAK orang terutama perempuan merasa risih ketika memiliki rambut di area wajah. Oleh karena itu, mereka pun memilih untuk menghilangkan dengan beberapa cara, termasuk dengan waxing.

Cara waxing wajah tidak jauh berbeda dengan teknik pencabutan rambut di area lainnya. Lilin khusus yang sudah dicairkan akan dioleskan pada area yang rambutnya akan dicabut, kemudian ditutup dengan kain. Setelah mengering, kain akan ditarik melawan arah tumbuhnya rambut.

Meski terbilang efektif, waxing wajah juga memiliki efek samping yang perlu dipertimbangkan. Apa sajakah bahaya waxing wajah? Cek lewat ulasan berikut ini.

“Waxing wajah aman dilakukan asal dilakukan dengan higienis dan menggunakan bahan wax yang tidak memicu alergi pada penggunanya,” jelas dr. Atika,

Tapi, ketika tidak dilakukan dengan benar, masalah pada kulit pun akan muncul. Berikut beberapa efek samping yang terjadi ketika salah waxing.

Iritasi dan Kemerahan

Semua jenis waxing, baik untuk bagian tubuh tertentu maupun pada wajah, akan menimbulkan rasa sakit yang tidak dapat dihindarkan. Selain nyeri, pencabutan rambut di wajah juga dapat menyebabkan kemerahan ringan dan iritasi sementara.

Kulit pun menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan. Ini akan mengganggu ketika Anda mengaplikasikan produk kulit, terutama yang mengandung alkohol. Untuk mengatasi kemerahan, Anda bisa melakukan kompres dingin.

Waxing

Ingrown Hair

Salah satu efek samping waxing di wajah adalah ingrown hair, yaitu rambut yang tumbuh ke dalam. Dokter Atika mengatakan, “Ingrown hair bisa saja terjadi pada saat waxing wajah dan tidak dapat dihindarkan.”

Salah satu cara untuk menghindari kondisi tersebut, menurut dr. Atika, adalah dengan menunggu hingga lilin mengering sempurna. Kemudian, pastikan punya menarik kain ke arah yang berlawanan dengan tumbuhnya rambut.

Sensitif Terhadap Matahari

Anda tidak diperbolehkan mengoleskan lilin wajah ke kulit yang baru terbakar sinar matahari. Anda juga harus berhati-hati dengan paparan sinar matahari setelah melakukan face waxing.

Hal ini karena prosesnya akan mengangkat epidermis (lapisan atas kulit) bersama dengan rambut yang ingin disingkirkan. Pada gilirannya, efek pada epidermis dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap matahari.

Reaksi Alergi

Bahan dalam produk lilin wajah mungkin menimbulkan reaksi alergi. Untuk melihat bagaimana kulit Anda merespons produk yang digunakan, lakukanlah uji coba pada area kecil di lengan. Jika tidak ada reaksi alergi, seperti ruam, kemerahan, dan gatal, dalam waktu 24 jam, berarti produk aman digunakan.

Infeksi dan Meninggalkan Bekas Luka

Dalam beberapa kasus, waxing wajah juga dapat menyebabkan infeksi di area yang terjadi pendarahan atau kerusakan kulit. Infeksi juga bisa terjadi jika menggunakan lilin di atas kulit yang terluka, baik yang baru maupun yang luka lama.

Infeksi ini kemudian akan meninggalkan bekas luka dan mengganggu penampilan Anda. Jadi, pastikan pencabutan rambut di wajah tidak dilakukan saat terdapat peradangan (seperti jerawat), baru terbakar matahari, atau luka lainnya.

Mencegah Efek Samping Waxing Wajah

Rasa sakit dan iritasi ringan mungkin tidak dapat dihindari setidaknya selama beberapa menit pertama. Tetapi efek samping lainnya, seperti rambut yang tumbuh ke dalam dan pendarahan dapat dicegah.

Penting untuk mengikuti petunjuk penggunaan produk dengan berhati-hati. Pastikan pula produk tersebut memang dirancang hanya untuk area wajah. Ini karena kulit wajah cenderung lebih sensitif daripada kulit di bagian tubuh lain. Selain itu, jangan mengoleskan seluruh lilin wajah ke wajah Anda. Gunakan pada area yang ingin dihilangkan rambutnya saja. Hindari pula waxing di area wajah yang terdapat kutil atau tahi lalat.

Satu lagi yang penting adalah melakukan face waxing hanya oleh ahlinya. Mereka dapat membantu menentukan apa yang terbaik untuk jenis kulit anda dan menggunakan teknik yang memiliki efek samping paling minimal. Itulah ulasan terkait efek samping yang perlu diperhatikan sebelum melakukan face waxing. Usahakan untuk menggunakan produk yang memang dikhususkan untuk wajah dan lakukanlah dengan ahli kecantikan medis yang berlisensi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini