Share

Omicron Melambat, Korea Selatan Putuskan Tak Lagi Wajib Masker

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 29 April 2022 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 29 481 2587285 omicron-melambat-korea-selatan-putuskan-tak-lagi-wajib-masker-R698WHo28O.jpg Ilustrasi Masker. (Foto: Freepik)

PANDEMI Covid-19 perlahan mulai mereda, meskipun Omicron memang menyebar dengan cepat, tapi dengan perlindungan vaksin Covid-19, maka angka kematian pun dapat ditekan. Oleh karena itu, beberapa negara memutuskan untuk mencabut larangan kesehatan mereka, terbaru adalah Korea Selatan.

Perdana Menteri Kim Boo-kyum mengumumkan pada hari ini, terkait langkah terbaru negara Korea Selatan. Aturan terbarunya yaitu langkah baru dalam pembatasan Covid-19, belajar untuk hidup dengan varian Omicron.

Korea Selatan akan mencabut mandat masker di luar ruangan mulai minggu depan. Langkah tersebut, melihat perkembangan dari sebagian besar tindakan pencegahan terkait pandemi, termasuk jam malam di restoran dan bisnis lainnya, pada 18 April.

Masker

"Kami menyimpulkan bahwa kami tidak bisa lagi berpaling dari ketidaknyamanan dialami oleh orang-orang kami di mana mereka harus tetap menggunakan masker bahkan ketika berjalan-jalan sendiri atau piknik bersama keluarga," kata Kim dilansir Channel News Asia, Jumat (29/4/2022)

Sehubungan dengan aturan itu, orang-orang masih diharuskan memakai masker, di acara-acara dengan 50 peserta atau lebih, seperti di rapat umum, konser, dan stadion olahraga. Sejauh ini, jumlah kasus virus corona di Korea Selatan telah melayang di bawah 100.000 sehari.

Korea Selatan sebagian besar, berhasil membatasi kematian dan kasus kritis melalui vaksinasi yang meluas, mengurangi upaya penelusuran dan penahanan agresif. Hampir 87 persen dari 52 juta penduduk negara itu, telah divaksinasi lengkap, dengan 65 persen juga memiliki booster, menurut data Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini