Share

Macet Bisa Sebabkan Imunitas Menurun, Yuk Minum Susu saat Mudik

Muhammad Sukardi, Okezone · Jum'at 29 April 2022 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 29 612 2587211 macet-bisa-sebabkan-imunitas-menurun-yuk-minum-susu-saat-mudik-sNisCLyKC8.jpg Ilustrasi Minum Susu. (Foto: Shutterstock)

ARUS mudik yang tinggi menyebabkan kemacetan di sepanjang jalur mudik. Kemacetan ini, pastinya akan berimbas pada daya tahan para pemudik, yang akhirnya membuat imunitas mereka melemah.

Oleh karea itu, guna menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar, ada baiknya kita mengonsumsi susu saat mudik. Secara rutin ternyata bisa membantu memaksimalkan kerja imun tubuh dalam melawan infeksi, lho.

Ya, dijelaskan Ahli Gizi Esti Nurwanti, susu bisa berfungsi sebagai booster imun, karena memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Minum Susu

"Susu merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik. Kandungan protein dalam susu ini yang kemudian mampu memaksimalkan kerja sistem imun dalam melawan berbagai infeksi," papar Esti Nurwanti dalam keterangan resminya, Jumat (29/4/2022).

Dia melanjutkan, umumnya per 1 gelas susu itu mengandung protein sekitar 8 gram protein. Protein yang terkandung di dalam susu punya peran vital untuk menjaga kesehatan, ya, salah satunya meningkatkan imunitas tubuh.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Selain protein, susu juga mengandung vitamin B1 yang memainkan peranan penting dalam mengubah karbohidrat menjadi sumber energi dan vitamin B2 yang berperan dalam produksi sel darah merah. "Yang mana itu juga salah satu komponen penting dalam fungsi imun tubuh," tambah Esti yang merupakan founder aplikasi @gizinusantara tersebut.

Nah, di momen Lebaran 2022 ini, Esti menyarankan agar setiap keluarga menyediakan susu di rumahnya. Minuman tersebut bisa dikonsumsi untuk keluarga sendiri maupun tamu yang berkunjung ke rumah saat halal bihalal.

"Saat kumpul dengan keluarga di Lebaran nanti, Anda bisa menghidangkan susu selain makanan dan minuman manis. Jadi, apa yang Anda hidangkan bukan hanya enak di lidah tapi juga menyehatkan dan bernutrisi. Terpenting, bisa meningkatkan imunitas tubuh melawan penyakit," sarannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini