Share

Tak Mau Berat Badan Naik Lagi Setelah Lebaran, Begini Triknya

Muhammad Sukardi, Okezone · Jum'at 29 April 2022 17:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 29 612 2587300 tak-mau-berat-badan-naik-lagi-setelah-lebaran-begini-triknya-SesJoKR3Pk.jpg Ilustrasi Kenaikan Berat Badan. (Foto: Shutterstock)

BERAT badan yo-yo memang masalah yang sampai sekarang banyak dialami. Penelitian menunjukkan bahwa pada banyak kasus, 4-5 minggu setelah Ramadan usai, berat badan serta komposisi tubuh kembali seperti sebelumnya.

Nah, agar berat badan yo-yo bisa kita hindari, apa tips yang bisa dilakukan? Apakah semata-mata tetap mengurangi asupan makanan atau ada hal lain yang harus diperhatikan?

Diterangkan Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Pondok Indah - Pondok Indah dr Juwalita Surapsari, SpGK, M.Gizi, salah satu poin pentingnya memang ada di pengaturan asupan makanan.

"Anda boleh menikmati menu khas Lebaran selama 2 hari berturut-turut, tapi ingat hanya 2 hari. Setelah itu, kembalilah ke pola makan sehat," kata dr Juwalita dalam keterangan resminya yang diterima MNC Portal, Jumat (29/4/2022).

Dokter Juwalita menegaskan, makan berlebihan selama 2 hari berturut-turut tidak akan menyebabkan berat badan naik secara drastis. Ini dengan memperkirakan bahwa 1/2 kilogram jaringan lemak mengandung 3.500 kkal, maka berat badan akan bertambah 1 kilogram apabila kita kelebihan 7.000 kkal dalam makanan yang dikonsumsi.

Berat Badan

"Artinya, jika seseorang biasa mengonsumsi 2.000 kkal sehari, maka ia harus mengonsumsi sekitar 5.500 kkal selama 2 hari agar berat badannya naik 1 kilogram," terang dr Juwalita.

"Angka tersebut tentu saja besar sekali dan sulit tercapai dalam 2 hari saja. Oleh karena itu, nikmatilah makanan di momen Lebaran pada 2 hari tersebut," tambahnya.

Nah, setelah dua hari itu, makanan seperti apa yang seharusnya dikonsumsi? Dokter Juwalita menjelaskan bahwa kembalilah ke diet gizi seimbang, yaitu dengan mengonsumsi makanan secara teratur yang mengandung semua komponen gizi.

"Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein rendah lemak, lemak baik, serta sayuran dan buah-buahan adalah menu yang bisa Anda pilih dan dipertahankan untuk dikonsumsi usai 2 hari bebas makan makanan Lebaran," kata dr Juwalita.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pastikan hanya air putih yang Anda minum saat Lebaran. Minuman manis seperti sirup mengandung 'kalori tersembunyi' yang diam-diam bisa meningkatkan asupan kalori. "Dengan membatasi diri hanya minum air putih, diharapkan Anda tak akan terjebak dalam konsumsi kalori yang berlebihan," ujarnya.

Tips lainnya adalah tetap aktif bergerak atau berolahraga. Dijelaskan dr Juwalita, tak perlu berpikir bahwa olahraga adalah hukuman karena Anda makan banyak, tapi jadikan olahraga sebagai kebiasaan yang menyenangkan.

"Makanya, pilih olahraga yang bikin Anda senang, sehingga sesi olahraga dijalani dengan perasaan bahagia dan mood baik terjaga dari awal sampai selesai olahraga," saran dr Juwalita.

Poin terakhir yang tak boleh diabaikan adalah istirahat yang cukup. Tidur adalah salah satu kunci mempertahankan berat badan ideal. Karena itu, usahakan tidur 7-9 jam per hari agar tubuh sehat Anda dapatkan.

So, itu dia tips mencegah berat badan yo-yo setelah Lebaran. Semoga bisa jadi informasi yang bermanfaat untuk Anda semua, khususnya yang saat ini sudah berada di berat badan ideal agar tidak 'bablas' lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini