Share

Aman dari Covid-19 saat Halal-Bihalal, Begini Saran Dokter Relawan Covid-19

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 30 April 2022 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 30 481 2587654 aman-dari-covid-19-saat-halal-bihalal-begini-saran-dokter-relawan-covid-19-PgV5qfhI6A.jpg Ilustrasi Covid-19. (Foto: Freepik)

SUDAH dua tahun lebih kita tidak bisa kembali ke kampung halaman saat Lebaran. Pandemi Covid-19 memaksa kita harus berlebaran secara virtual dan tidak bertatap muka, demi mencegah penularan Covid-19.

Tapi, setelah vaksinasi yang terus dilakukan dan angka Covid-19 yang mengalami perbaikan, maka pemerintah pun kembali membuka kesempatan untuk mudik Lebaran. Meski demikian, bukan berarti saat Lebaran kita bisa abai dengan protokol kesehatan.

Apalagi saat silahturahmi atau lebih sering disebut Halal-Bihalal Lebaran yang telah menjadi budaya orang Indonesia. Agar tetap sehat saat lebaran, ada beberapa hal yang harus diperhatikan guna meminimalisir penularan Covid-19.

Menurut Dr. Muhammad Fajri Adda’I, dokter relawan Covid-19 dan edukator kesehatan, menyarankan agar tetap protokol kesehatan. "Tetap menjaga protokol kesehatan selama bersilaturahmi atau selama perjalanan mudik," tutur Dr Fajri kepada MNC Portal, Selasa (26/4/2022).

Lebih lanjut, ia mengatakan kalau saat berkumpul memilih ruangan terbuka. Sebab sirkulasi udara lebih baik, dibandingkan di dalam ruangan. Hal tersebut, dapat meminimalisir penularan Covid-19. Dia juga mengingatkan bila terpaksa harus di dalam ruangan, minimal memiliki dua lubang ventilasi udara atau jendela.

"Silahturahmi tidak dipermasalahkan, namun harus bisa meminimalisir penularan Covid-19. Memperhatikan ventilasi udara yang baik, minimal dua lubang atau Jendela dalam satu ruangan," tambah Dr Fajri.

Sehubungan dengan itu, bila pelaku perjalanan mudik lebaran, juga harus memikirkan kesehatan keluarga. Dengan melakukan test antigen, dibandingkan PCR karena harga lebih terjangkau oleh masyarakat.

"Swab antingen sebelum dan setelah sampai di kampung halaman, agar memastikan diri tidak membawa virus," jelas Dr Fajri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini