Share

Menahan Pipis saat Mudik, Hati-Hati Risikonya Tinggi Loh

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 30 April 2022 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 30 481 2587717 menahan-pipis-saat-mudik-hati-hati-risikonya-tinggi-loh-IReOrQsVpn.jpg Ilustrasi Menahan Pipis. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu hal yang membuat kita resah ketika macet adalah harus menahan buang air kecil atau pipis di semlama perjalanan. Menjadi pertanyaan sekarang, apakah nahan pipis dalam jangka waktu lama berbahaya untuk kesehatan tubuh?

Dijelaskan Prof Zubairi Djoerban, pada dasarnya setiap orang punya 'level' durasi menahan pipis yang aman untuk mereka. Hal itu dipengaruhi oleh seberapa banyak dan apa jenis minuman yang dikonsumsi.

Bicara soal apa dampak menahan pipis, menurut Prof Beri, sapaan akrabnya, jika menahan pipisnya tidak sering, maka risiko mengancam kesehatannya sangat rendah.

"Akan jadi berbahaya ketika terlalu sering mengabaikan keinginan mau pipis bahkan itu menjadi kebiasaan," katanya dikutip MNC Portal dari cuitannya di Twitter, Sabtu (30/4/2022).

Menahan Pipis

Lantas, apa yang terjadi pada tubuh ketika menahan pipis selama 10 jam lebih? "Anda mungkin akan mengalami retensi urine yang berarti otot-otot di kandung kemih tidak dapat rileks dan jadi susah pipis," papar Prof Beri.

Apakah kandung kemih bisa pecah karena menahan pipis dalam jangka waktu yang lama? Kata Prof Beri, dalam skenario tertentu bisa banget terjadi. "Namun amat jarang," terangnya.

Lebih lanjut, Prof Beri pun menjelaskan apa yang sebaiknya dilakukan seseorang sehabis menahan pipis dalam waktu lama. Adalah pipis dengan perlahan dan tunggu sekitar satu menit lag setelah merasakan sensasi 'selesai'.

"Ini karena kemungkinan masih ada lebih banyak urine di kandung kemih dan memastikan semuanya keluar," paparnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini