Share

4 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Mudik Lebaran dan Kembali lagi

Rina Anggraeni, Jurnalis · Minggu 01 Mei 2022 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 01 481 2588130 4-cara-menjaga-daya-tahan-tubuh-selama-mudik-lebaran-dan-kembali-lagi-6FqZH2JJRr.jpg Ilustrasi Mudik Lebaran. (Foto: Okezone)

ADA cara menjaga daya tahan tubuh selama mudik Lebaran yang perlu diperhatikan bagi pemudik. Pasalnya, kita tidak hanya tinggal di kampung halaman, tapi juga harus kembali lagi ke perantauan atau tempat kita bekerja.

Oleh karena itu, untuk perjalanan mudik yang jauh menuju kampung halaman, tentunya perlu untuk mempersiapkan energi tubuh yang lebih banyak. Selain itu, tentunya perlu untuk mempersiapkan energi tubuh yang lebih bayak. Agar tubuh tetap sehat dan bertenaga selama perjalanan.

Nah berikut cara menjaga daya tahan tubuh selama mudik Lebaran yang dapat dilakukan:

Istirahat yang Cukup

Memastikan istirahat yang cukup penting apalagi bagi Anda yang mengendarai kendaraan pribadi, Anda beserta keluarga dapat dalam kondisi fit dan segar.

Sementara itu, jika Anda dan keluarga memilih menggunakan transportasi umum seperti bus, pesawat mau pun kereta api, cobalah untuk menghindari moda transportasi yang terlalu ramai atau sesak agar perjalanan terasa lebih nyaman.

Mudik Lebaran

Banyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Lengkapi menu sahur Anda dengan sayuran serta buah-buahan yang mengandung vitamin C serta zinc dan kalsium. Hindari makanan yang terlalu berlemak seperti gorengan, santan, dan pedas saat sahur. Sebab, makanan ini dapat menimbulkan kembung, begah, hingga nyeri ulu hati saat berpuasa. Sehingga perjalanan mudik pun dapat terganggu.

Pastikan pula untuk mengonsumsi air putih saat sahur. Selain itu, Anda juga bisa membawa perbekalan lain seperti buah-buahan atau susu. Sebab, susu mengandung makronutrien dan mikronutrien yang diperlukan oleh tubuh.

Susu segar juga mengandung protein, kalsium, fosfor, dan Vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan otot. Di samping itu, susu juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin E, seng, dan selenium yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Beristirahat saat Lelah

Bagi Anda yang melakukan mudik lebaran dengan menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya beristirahatlah saat merasa sudah lelah.Tak hanya itu, dengan melakukan stretching, peredaran darah pun akan menjadi lancar serta dapat mengusir rasa penat dan pegal tubuh. Sehingga setelahnya, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan lebih segar.

Bawa obat-obatan pribadi

Pastikan membawa obat-obatan pribadi seperti obat anti mabuk perjalanan, obat flu, obat sakit kepala, obat masuk angin, hingga obat diare selama perjalanan. Selain itu, Anda juga dapat membawa suplemen dan obat-obatan khusus lainnya jika mengidap penyakit tertentu.

Kemudian, jangan lupa pula untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama perjalanan mudik dengan menjaga jarak aman, menghindari keramaian, memakai masker, dan rajin mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir serta gunakan sabun atau hand sanitizer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini