Share

Makna Mendalam Sarung Motif Batik Presiden Jokowi, Ternyata Mengandung Unsur Magis

Muhammad Sukardi, Okezone · Senin 02 Mei 2022 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 02 194 2588504 makna-mendalam-sarung-motif-batik-presiden-jokowi-ternyata-mengandung-unsur-magis-w2Ry5Knziu.jpg Presiden Jokowi dan Ibu Iriana. (Foto: Instagram)

SETELAH dua tahun tidak mudik, masyarakat Indonesia pun tahun ini akhirnya bisa merasakan pulang kampung saat Lebaran. Tidak heran jika antusiasme masyarakat pada mudik kali ini sangat tinggi.

Tidak hanya masyarakat umum, Presiden Jokowi pun memilih untuk pulang ke Yogyakarta. Dia pun menyempatkan salah Ied di Istana Gedung Agung Yogyakarta. Jokowi ditemani istri dan putra bontotnya saat sholat Ied di Yogyakarta, Senin 2 Mei 2022. 

Hal menarik terlihat dari tampilan Jokowi saat sholat Ied tersebut. Ia mengenakan baju koko dan sarung bermotif batik. Potretnya itu langsung menyita perhatian dan luar biasanya, ada makna mendalam di balik kain batik yang dikenakan presiden Indonesia tersebut. 

Dijelaskan Desainer Motif Batik dan Penggiat Batik Tulis Pewarna Alami, Agnes Dwina Herdiasti, Jokowi mengenakan kain sarung dengan motif batik utamanya parang. "Lebih detailnya parang curigo," kata Agnes saat dihubungi MNC Portal, Senin (2/5/2022). 

Motif parang sendiri, kata Agnes, memiliki makna yang begitu mendalam. Bahkan, ada makna magis di balik motif batik tersebut. 

Presiden Jokowi

"Motif parang itu punya daya magis yang luar biasa, makanya tidak boleh sembarang orang pakai," terang Agnes. 

"Parang ada yang mengartikan tebing yang mana itu menyiratkan keteguhan dalam mewujudkan niatan layaknya mendaki bukit, namun harus tetap bisa turun atau merendah di hadapan sesama, sekaligus menjadi teladan," tambahnya.

Makna lain yang kerap diartikan dari motif parang adalah senjata tajam atau juga berkonotasi ketajaman pikiran. "Sekalipun senjata (pengetahuan) berpotensi melukai, namun dengan kehalusan budi, parang bisa membawa manfaat bagi sesama dan kehidupan," ujar Agnes memperjelas. 

Tidak hanya motif parang, Agnes pun melihat adanya motif Sidodadi pada bagian tumpalnya. Motif sidodadi sebetulnya masih merupakan bagian dari motif Semen (bersemi, persemaian). 

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Artinya, hampir bisa dipastikan terdapat elemen-elemen langit, bumi, dan bawah bumi yang merupakan konsep Triloka. Hal yang menjadi ciri khas dari motif sido adalah petak-petak berbentuk intan atau wajik yang menjadi bingkai dari elemen-elemen tersebut. 

"Ada keistimewaan dari motif sido ini yaitu warna latar dari petak-petak intan atau wajik berselang-seling antara warna putih dengan warna gelap," tambahnya. 

Bahkan, kata Agnes, pola wajik atau intan yang membentuk seperti pagar juga berarti perlindungan kepada si pemakai. 

Jadi, itu dia makna di balik kain motif batik yang dikenakan Presiden Jokowi saat sholat Ied di Istana Gedung Agung Yogyakarta. Bagaimana menurut Anda?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini