Share

Sudah Benarkah Cara Anda Pakai Obat Kumur?

Tim Okezone, Okezone · Selasa 03 Mei 2022 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 03 612 2588883 sudah-benarkah-cara-anda-pakai-obat-kumur-zBDeNGd0MW.jpg Ilustrasi Obat Kumur. (Foto: Shutterstock)

GUNA menghilangkan bau mulut yang terjadi karena kuman di dalam mulut, menggosok gigi saja tidak cukup. Kita memang disarankan menggunakan mouthwash atau obat kumur sebagai tambahannya.

Obat kumur biasanya mengandung antiseptik yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan gigi dan gusi. Namun, manfaat baik obat kumur hanya bisa didapatkan jika Anda menggunakannya dengan benar.

Ketika digunakan dengan benar, maka dia akan membunuh bakteri penyebab kerusakan gigi, penyakit gigi. Lantas, bagaimana cara pakai mouthwash yang benar? Yuk, ketahui lewat ulasan berikut ini.

Petunjuk yang terdapat pada setiap produk mouthwash akan berbeda-beda. Namun, secara garis besar, cara menggunakan obat kumur yang benar meliputi hal-hal berikut:

Sikat Gigi Terlebih Dahulu

Anda harus menggosok gigi dan flossing terlebih dahulu sebelum menggunakan obat kumur. Menurut drg. Wiena Manggala Putri, mouthwash hanya merupakan perawatan tambahan, bukan perawatan utama untuk menjaga kebersihan gigi. Jadi, Anda tetap harus menggosok gigi sebelum menggunakan obat kumur.

“Menyikat gigi adalah perawatan utama untuk membersihkan plak dan sisa-sisa makanan. Sementara itu, obat kumur hanya sebagai tambahan saja dan tidak menggantikan perawatan yang utama,” kata drg. Wiena.

Jika Anda menggunakan pasta gigi berfluoride, tunggulah beberapa saat untuk menggunakan mouthwash. Ini karena obat kumur bisa menghilangkan kandungan fluoride yang ada di pasta gigi.

Obat Kumur

Jangan Gunakan Produk Secara Berlebih

Pastikan Anda menggunakan obat kumur sesuai dengan instruksi yang ada di kemasan. Biasanya, Anda bisa menggunakan 3 hingga 5 sendok teh cairan obat kumur untuk sekali pakai. Untuk memudahkan berkumur, Anda bisa menggunakan cangkir yang tersedia di kemasan maupun gelas ukur.

Mulai Berkumur

Masukkan mouthwash ke mulut dan mulailah berkumur selama 30 detik. Untuk memudahkan menghitung waktu, Anda bisa menggunakan stopwatch atau menghitung dari skala 1 hingga 30. Setelah 30 detik, keluarkan seluruh cairan obat kumur dari mulut Anda. Hindari menelan mouthwash, karena produk ini tidak dirancang untuk ditelan. Kalaupun ditelan, Anda tidak bisa mendapatkan manfaat baiknya.

Disarankan penggunaan obat kumur dilakukan dua kali sehari, setelah menyikat gigi dan flossing. Ini akan bermanfaat untuk mengatasi bau mulut dan membunuh bakteri jahat di mulut. Sebaiknya jangan gunakan obat kumur untuk mengobati sakit gigi atau masalah gigi dan gusi lainnya. Untuk hal ini, Anda perlu langsung memeriksakan kondisinya ke dokter gigi.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Mouthwash

Mouthwash mengandung alkohol serta fluoride. Meskipun menelan dalam jumlah sedikit tidak akan memberikan efek samping apapun, menelan dalam jumlah besar akan membahayakan diri Anda.

Melansir Healthline, kandungan flouride dalam obat kumur bisa menyebabkan gangguan lambung. Selain itu, Anda juga bisa merasa mual dan muntah, meskipun kondisi ini bisa mereda dalam waktu cepat.

Sementara itu, kandungan alkohol di dalamnya bisa menimbulkan efek memabukkan jika tertelan dalam jumlah yang banyak. Beberapa efek lain yang terjadi setelah menelan obat kumur dalam jumlah banyak adalah pusing, mengantuk, sulit bernapas, hingga kejang-kejang.

Karenanya, American Dental Association tidak menyarankan penggunaan obat kumur pada anak di bawah usia 6 tahun. Jika anak sudah di usia yang sesuai pun tetap harus dalam pengawasan orang dewasa.

Itulah uraian mengenai cara menggunakan mouthwash yang benar. Apabila bau mulut tidak kunjung hilang meski mengikuti tips di atas, lakukan pemeriksaan ke dokter. Bisa saja bau mulut yang Anda alami disebabkan oleh penyakit gusi yang tidak bisa diatasi hanya dengan obat kumur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini