Share

6 Ciri Pasangan Anda Berbohong ketika Chattingan

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 03 Mei 2022 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 03 612 2588905 6-ciri-pasangan-anda-berbohong-ketika-chattingan-Wj1nSFAIwt.jpg Ilustrasi Pacaran. (Foto: Shutterstock)

PESAN singkat atau chat memang membuat seseorang lebih mudah untuk berbohong. Apabila kita memiliki pasangan, pastinya kita akan berharap pasangan selalu mengutarakan kebenaran ketika ditanya.

Meski begitu, bukan tidak mungkin untuk mengetahui kebohongan yang telah dilakukan pacar melalui chat. Hal ini karena akan ada ciri yang menunjukkan bahwa ia telah berbohong.

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, akan sulit mengetahui ekspresi, emosi, serta perilaku orang tersebut jika hanya lewat chat, tapi ada beberapa ciri-ciri pacar berbohong lewat chat? Ketahui lewat ulasan berikut ini.

Tiba-tiba Lama Saat Membalas Pesan

Kecepatan pasangan dalam membalas pesan Anda bisa menjadi tanda sikap jujur pasangan. Jika sebelumnya ia merupakan orang yang cepat membalas pesan dan tiba-tiba menjadi sangat lama membalas pesan Anda, bisa saja saat itu ia sedang berbohong.

Terdapat beberapa penyebab seseorang cenderung lama membalas pesan saat ia sedang berbohong. Bisa saja penyebabnya adalah karena ia harus menyusun cerita untuk menyembunyikan kebohongannya.

Selain itu, mungkin ia merasa bersalah karena telah berbohong, sehingga tidak tahu harus mengucapkan apa kepada Anda. Bisa pula ia tidak tahu harus berkata apa untuk menutupi kebohongannya.

Pacaran

Namun, menjawab pesan dalam waktu lama tidak selalu menjadi tanda bahwa pasangan berbohong. Bisa saja ia sedang sibuk bekerja hingga tidak sempat membalas pesan yang masuk. Sesuaikan lagi konteks dan situasinya untuk menentukan apakah lama balas pesan memang karena ia sedang berbohong.

 

Pesan yang Dikirimkan Terlalu Bertele-tele

Rasa bersalah bisa membuat seseorang cenderung menjelaskan suatu hal secara berlebihan atau bertele-tele. Jadi, saat pasangan berbohong, ia bisa mengirimkan pesan yang panjang.

Terlebih jika sebelumnya ia selalu membalas pesan dengan singkat. Jawaban yang panjang bisa menjadi ciri jika ia berbohong. Hal ini pun dibenarkan oleh Psikolog Ikhsan.

Ia mengungkapkan bahwa pesan yang panjang atau bertele-tele bisa saja menjadi pertanda jika pasangan telah berbohong. “Tujuannya agar pertanyaan di awal tidak perlu terjawab. Pasangan pun akan fokus pada cerita atau informasi lainnya,” jelasnya.

Gaya Bahasa yang Berbeda

Cara mengetahui pacar berbohong lewat chat lainnya adalah lewat gaya bahasa yang ia gunakan. Ini karena tanpa sadar, ketika berbohong, ia juga berusaha untuk tidak jujur pada dirinya sendiri.

Hal itu kemudian membuat ia tidak menjadi dirinya sendiri yang diperlihatkan lewat perubahan gaya bahasa. Misalnya, tiba-tiba saja ia mengirim pesan dengan tambahan emoji. Padahal, Anda tahu kalau pasangan bukan tipe pengirim pesan seperti itu sebelumnya.

Di samping itu, ia menjawab pesan Anda dengan kalimat panjang dengan penggunaan kata yang berlebihan, misalnya terlalu manis ataupun blak-blakan. Padahal, Anda tahu bahwa ia adalah pengirim pesan dengan kata atau kalimat yang sederhana.

Mengubah Topik Pembicaraan

Ciri-ciri pacar berbohong lewat chat adalah pengalihan topik yang ia lakukan secara tiba-tiba. Ia lakukan berulang tanpa mengarah ke topik awal yang Anda tanyakan kepadanya.

Hal ini merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk menghindari topik atau pertanyaan tertentu yang bisa saja membuat kebohongannya terungkap. Selain itu, ini juga mungkin akan memberikannya waktu menyusun cerita untuk menutupi kebohongannya.

Selalu Meyakinkan Bahwa Ia Tidak Berbohong

Untuk menyembunyikan kebohongannya, seseorang akan lebih sering mengulangi hal-hal yang telah ia sampaikan. Ini dilakukan supaya Anda percaya dengan apa yang disampaikan dan kebohongannya tidak terbongkar.

Padahal apa yang disampaikan terus-menerus itu berbeda dari kenyataan. Di samping itu, ia juga akan terus meyakinkan dan terlalu percaya diri saat menyampaikan suatu hal agar tidak terlihat berbohong.

Mudah Marah

Orang yang berbohong akan gelisah dan mudah tersinggung saat ditanya banyak hal. Terlebih saat kebohongannya hampir terbongkar. Karenanya, jika Anda merasakan bahwa pasangan telah berbohong dan ia marah saat Anda mencoba mengkonfirmasi kebenarannya, bisa menjadi tanda ia berbohong.

Itu dia ciri-ciri pasangan yang telah berbohong melalui chat. Menurut psikolog Ikhsan, meskipun sudah ada tanda-tanda tersebut, hindari untuk langsung menuduhnya supaya tidak menimbulkan konflik.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini