Share

Kurang Vitamin D Berbahaya bagi Kesehatan, Apa Saja Tandanya?

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 05 Mei 2022 22:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 05 298 2589633 kurang-vitamin-d-berbahaya-bagi-kesehatan-apa-saja-tandanya-sz43sDTY0K.jpg Kekurangan vitamin D berbahaya (Foto: Yorkshire evening post)

VITAMIN D adalah vitamin yang sangat penting bagi kesehatan dan kekebalan tubuh. Oleh karena itu jangan sampai kekurangan vitamin D.

Lantas apa saja tanda-tanda seseorang kekurangan vitamin D?

Dilansir dari laman Health Line, ada beberapa risiko yang akan dirasakan oleh seseorang yang kekurangan vitamin D, yakni antara lain:

 sakit

1. Sering sakit

Salah satu peran vitamin D yang paling penting adalah menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat, sehingga Anda mampu melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Ini secara langsung berinteraksi dengan sel-sel yang bertanggung jawab untuk melawan infeksi. Jika Anda sering sakit, seperti karena pilek atau flu, kadar vitamin D yang rendah mungkin menjadi faktor penyebabnya.

Beberapa penelitian observasional besar telah menunjukkan, hubungan antara kekurangan dan infeksi saluran pernapasan seperti pilek, bronkitis, dan pneumonia.

Sejumlah penelitian telah menemukan, bahwa mengonsumsi suplemen vitamin D dengan dosis hingga 4.000 IU setiap hari dapat mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan.

 

2. Mudah kelelahan

Merasa lelah dapat memiliki banyak penyebab, dan kekurangan vitamin D mungkin salah satunya. Sayangnya, ini sering diabaikan sebagai penyebab potensial.

Studi kasus telah menunjukkan bahwa kadar vitamin D dalam darah yang sangat rendah dapat menyebabkan kelelahan yang dapat memiliki efek negatif yang parah pada kualitas hidup.

Dalam satu studi kasus terdahulu, seorang wanita yang mengeluhkan kelelahan kronis di siang hari dan sakit kepala ditemukan memiliki kadar vitamin D dalam darah hanya 5,9 ng/ml. Ini sangat rendah, karena apa pun di bawah 20 ng/ml dianggap kurang.

Ketika wanita tersebut mengonsumsi suplemen vitamin D, kadarnya meningkat menjadi 39 ng/ml, dan gejalanya hilang.

Satu studi observasional pada perawat wanita juga menemukan hubungan yang kuat antara kadar vitamin D yang rendah dan kelelahan yang dilaporkan sendiri. Terlebih lagi, para peneliti menemukan bahwa 89 persen perawat kurang.

 BACA JUGA:5 Manfaat Vitamin D untuk Perempuan Menopause

3. Sakit Tulang dan Punggung

Vitamin D membantu menjaga kesehatan tulang dalam beberapa cara. Hal ini untuk meningkatkan penyerapan kalsium tubuh Anda .

Nyeri tulang dan nyeri punggung bawah mungkin merupakan tanda kadar vitamin D yang tidak memadai dalam darah. Studi observasional besar telah menemukan, hubungan antara defisiensi dan nyeri punggung bawah kronis.

Satu studi pada 98 orang dengan nyeri punggung bawah menemukan, bahwa peningkatan keparahan nyeri dikaitkan dengan kadar vitamin D yang lebih rendah.

Tinjauan lain dari 81 penelitian juga menemukan bahwa orang dengan radang sendi, nyeri otot, dan nyeri kronis yang meluas cenderung memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah dibandingkan dengan orang tanpa kondisi ini.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini