Share

Kenali 4 Makanan Khas Lebaran dari Seluruh Dunia

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 06 Mei 2022 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 06 298 2590108 kenali-4-makanan-khas-lebaran-dari-seluruh-dunia-92lgisu2Yw.jpg Makanan Khas Lebaran. (Foto: Highend)

OPOR rendang, dan ketupat biasanya kerap tersaji ketika kita merayakan Lebaran. Makanan tersebut merupakan makanan khas saat Lebaran yang disajikan di Indonesia.

Tapi, tradisi Lebaran ini bukan hanya ada di Indonesia loh. Pasalnya, Lebaran merupakan perayaan umat muslim yang menjadi momentum silaturahmi antar sesama.

Biasanya dalam perayaan lebaran sangat identik dengan makanan yang beraneka rasa. Makanannya juga biasanya disesuaikan dengan budaya dan cita rasa di tiap masing-masing individu dari daerah tertentu.

Di berbagai negara lain, perayaan Idul Fitri juga identik dengan berbagai makanan khasnya. Tiap masing-masing negara biasanya memiliki makanan khas yang resepnya sudah diwariskan secara turun-temurun. Berikut hidangan khas Idul Fitri dari tiap negara.

Laasida - Maroko

Makanan Lebaran

Makanan khas lebaran satu ini bernama Laasida yang berasal dari negara Maroko. Laasida terbuat dari couscous yang diberi rasa manis oleh mentega dan madu. Makanan ini biasanya disajikan dengan kacang pistachio, buah pomegranate, buah ara, dan ditemani secangkir teh.

Shakshouka - Arab

Makanan Lebaran

Selanjutnya ada Shakshouka. Makanan ini memiliki bahan dasar telur. Telur yang dimasak orak-arik bersama pasta tomat dan bumbu lainnya. Bumbu tersebut terdiri dari bawang cincang, tomat potong dadu, cabai, paprika, dan kemangi cincang.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Sheer Khurma - India

Makanan Lebaran

Sheer Khurma adalah susu dan kurma yang biasanya disajikan pada pagi hari. Memiliki cita rasa yang manis dengan bahan-bahannya terdiri dari kurma, susu, gula, kacang almond, cengkeh, kunyit, kismis, kapulaga, dan air mawar. Makanan tradisional ini wajib dihidangkan pada saat hari raya Idul Fitri di India.

Kahk - Mesir

Makanan Lebaran

Kakh merupakan makanan khas lebaran yang populer di Mesir dan sudah wajib ada dalam perayaan idul Fitri. Makanan ini berupa kue berbentuk lingkaran isi kacang dan gula halus. Kakh memiliki kandungan kalori rendah, tetapi memiliki protein dan karbohidrat yang baik untuk tubuh.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini