Share

Capek karena Overthinking, Ini 4 Tips untuk Menghentikannya

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 06 Mei 2022 23:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 06 612 2589939 capek-karena-overthinking-ini-4-tips-untuk-menghentikannya-kQLSpEij0k.jpg Capek karena overthinking (Foto: Medical news today)

SAAT mengalami masalah dalam kehidupan sehari-hari kadang kita malah makin pusing dan capek karena kebanyakan overthingking.

Overthinking juga menimbulkan rasa cemas luar biasa. Rasa cemas itu sampai membuat kita lumpuh bahkan sakit kepala akibat overthinking.

Melansir Times of India, maka kita harus belajar mengendalikan overthinking agar tak keblabasan. Berikut cara menghentikan diri Anda dari overthinking.

 overthinking

1. Tanyakan pada diri sendiri apakah overthinking itu produktif

Mendesak otak Anda untuk mencari solusi yang mungkin dan membuatnya bekerja untuk memetakan rencana sangat berguna. Namun, terlalu banyak berpikir dan bolak-balik pada ide yang sama dapat melumpuhkan pikiran Anda.

Maka coba tanyakan kepada diri Anda, apa overthinking itu produktif?

2. Alihkan perhatian Anda dengan hal-hal yang lebih penting

Daripada berkutat pada pemikiran yang tidak menghasilkan manfaat dan hanya bikin cemas, maka segara alihkan perhatian Anda pada kegiatan yang produktif.

Habiskan lebih banyak waktu dengan teman dan keluarga yang membuat Anda rileks, jangan habiskan waktu dengan teman yang membuat Anda makin cemas ya!

 

3. Berlatih pernapasan dalam atau bermeditasi

Kadang-kadang, yang Anda butuhkan hanyalah pernapasan dalam dan meditasi. Alih-alih berpikir berlebihan dan membuat pikiran Anda menderita, ambil napas dalam-dalam dan biarkan pikiran dan tubuh Anda condong ke arah kedamaian dan harmoni.

Dengan cara ini pikiran Anda akan bebas dari semua konflik dan Anda akan merasa lebih santai dan siap untuk mengatasi masalah Anda.

 BACA JUGA:Sering Merasa Cemas, Coba Atasi dengan Asupan Vitamin dan Mineral Ini

4. Mencari bantuan

Terkadang cara terbaik untuk menghindari overthinking adalah dengan mengeluarkan semua emosi Anda. Berbagi perasaan Anda dengan orang lain dan mengomunikasikan semua masalah Anda dengan orang-orang terdekat Anda selalu membuat hati Anda terasa sedikit lebih ringan. Ini juga dapat membantu Anda mendapatkan perspektif baru tentang masalah dan memberi Anda solusi juga.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini