Share

6 Cara Mengobati Bisul Agar Cepat Kempes dengan Rempah-Rempah

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 06 Mei 2022 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 06 612 2589942 6-cara-mengobati-bisul-agar-cepat-kempes-dengan-rempah-rempah-cmuZ7X3Tuy.jpg Ilustrasi Mengobati Bisul. (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA cara mengobati bisul agar cepat kempes bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Pasalnya, kita tidak memerlukan perawatan yang rumit untuk mengobati bisul agar cepat kempes.

Bisul sendiri, terjadi karena infeksi bakteri dalam folikel rambut. Akibatnya, muncul benjolan kemerahan yang sangat menyakitkan, bahkan dapat disertai rasa demam.

Mulanya bisul berukuran kecil, lalu bertambah besar karena mengalami pembengkakan, bernanah, dan terbentuk titik putih di bagian puncak benjolan. Di kebanyakan kasus bisul sembuh dengan sendirinya. Namun, ada cara yang lebih cepat dalam membantu proses penyembuhan bisul.

Dalam mengobati bisul tidak perlu menggunakan bahan kimia. Cukup dengan menggunakan obat alami atau rempah-rempah bisa mengempeskan bisul yang tadinya membesar. Berikut cara mengobati bisul agar cepat kempes dengan rempah-rempah:

Bisul

Jahe dan Kunyit

Jahe dan Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu membersihkan darah kotor. Buatlah pasta dari jahe segar dan kunyit, lalu oleskan pada kulit yang bisul. Diamkan kurang lebih selama 15 menit, lanjut bilas dengan air hangat steril.

Minyak Daun Teh

Minyak daun teh juga mempercepat proses penyembuhan bisul. Karena sudah dipercaya, bahwa minyak tersebut bersifat antibakteri dan antiseptik.

Bawang putih

Sifat antibakteri, antimikroba dan anti-inflamasi ada di dalam bawang putih panas. Buatlah pasta bawang putih, lalu oleskan secara merata di bagian kulit yang bisul.

Susu

Susu bisa salah satu cara mengobati bisul agar cepat kempes. Ini merupakan salah satu obat rumahan yang efektif untuk mengobati bisul. Anda dapat menambahka sejumput kunyit ke dalam segelas susu hangat, lalu oleskan pada bisul. Biarkan selama beberapa waktu dan bilas sampai bersih. Agar hasilnya maksimal, ulangi prosedur ini beberapa kali dalam sehari.

Kompres Air Hangat

Air hangat memiliki berbagai manfaat salah satu membantu pematangan bisul lebih cepat. Caranya siapkan air hangat dan handuk bersih. Celupkan handuk ke dalam air hangat dan peras hingga kering, kemudian letakkan di lokasi benjolan selama 10 menit beberapa kali sehari sampai bisul pecah.

Hindari Memencet Bisul

Memencet bisul meningkatkan risiko penyebaran infeksi di area kulit sekitarnya. Terlebih jika kamu melakukannya dalam keadaan tangan kotor. Bila infeksi menyebar, pengidap bisul berisiko mengalami komplikasi seperti selulitis hingga sepsis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini