Share

3 Makanan Penyebab Bintitan, Benarkah Terlalu Banyak Telur Termasuk?

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 06 Mei 2022 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 06 612 2589945 3-makanan-penyebab-bintitan-benarkah-terlalu-banyak-telur-termasuk-TH9kP2VdJz.jpg Ilustrasi Makanan Penyebab Mata Bintitan. (Foto: Shutterstock)

ADA makanan penyebab bintitan yang bisa kita hindari. Bintitan jadi salah satu perubahan pada organ tubuh kita yang cukup sering terjadi. Selama ini penyebab dari bintitan yang banyak diyakini oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, karena sering mengintip.

Selain itu, bintitan disebabkan oleh infeksi salah satu folikel rambut yang merupakan tempat asal bulu mata tumbuh. Penyakit ini hampir selalu terjadi di kelopak mata bawah.

Bintitan biasanya matang dan meletus dalam empat atau lima hari. Menggosok dan menarik-narik bulu mata dapat mendorong bintitan, yang mungkin juga terkait dengan peradangan menyeluruh kelopak mata, yang dikenal sebagai blefaritis.

Padahal, bintitan sama sekali tidak disebabkan oleh kebiasaan mengintip Namun, dikarenakan ada sebuah penyumbatan yang terjadi pada salah satu kelenjar air mata, yang akhirnya infeksi, dan ada bakteri terperangkap di dalamnya menyebabkan peradangan. Selain itu faktor makanan juga bisa menyebabkan bintitan.

Mata Bintitan

Berikut makanan penyebab bintitan bisa dihindari yang dirangkum Okezone:

Makanan Berlemak

Bintitan juga disebabkan metabolisme lemak. Tak heran jika seseorang terkena beberapa kali bintitan, perlu ditanyakan apakah dia terlalu sering minum susu atau makan telur. Sebab, terlalu banyak makanan tersebut menyebabkan metabolisme lemaknya menjadi tidak benar.

Kuning Telur

Konsumsi makanan yang mengandung tinggi protein, termasuk kuning telur, banyak diduga memperparah peradangan pada kelopak mata akibat bintitan, karenanya perlu dibatasi konsumsinya.

Banyak Konsumsi MSG

Salah satu makanan penyebab bintitan yakni terjadi alergi makanan dan konsumsi makanan yang mengandung MSG penyedap rasa bisa menyebabkan bintitan.Bintitan juga bisa menyebabkan pandangan terganggu akibat lapang pandang yang tertutupi oleh benjolan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini