Share

4 Penyebab Tengkorak Kepala Tidak Rata, karena Apa Saja Ya?

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 07 Mei 2022 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 07 481 2590334 4-penyebab-tengkorak-kepala-tidak-rata-karena-apa-saja-ya-L3NpXPxyHJ.jpg Ilustrasi penyebab tengkorak kepala tidak rata. (Foto: Jcomp/Freepik)

KONDISI tengkorak kepala berbentuk tidak rata atau simetris dikenal sebagai craniosynostosis. Secara umum tengkorak kepala seseorang tidak bisa disamakan, karena penyok atau ketidakteraturan merupakan variasi sederhana dalam anatomi.

Namun, timbul berbagai stigma bila anak memiliki tengkorak peyang, penyok, atau tidak bulat dianggap aneh serta kelainan. Ini juga menjadi pertanyaan banyak orang: Apa penyebab tengkorak kepala manusia memiliki bentuk tidak rata?

Baca juga: Ditemukan 3 Kasus Diduga Hepatitis Akut Misterius, Ini Respons Kemenkes 

Dilansir laman Healthychildren, kepala tidak rata terjadi ketika tulang tengkorak menyatu terlalu cepat.

"Kepala yang sedikit rata tidak perlu dikhawatirkan, tetapi merupakan ide baik untuk mendapatkan saran (medis) sejak dini, sehingga dapat mengambil langkah-langkah untuk menghentikannya menjadi lebih buruk," jelas dalam laman NHS.

Adapun penyebab tengkorak kepala tidak rata adalah sebagai berikut:

Baca juga: Viral Wanita Bertemu Jodoh saat Temani Ayahnya Cuci Darah, Netizen: Dapet yang Berbakti Juga 

1. Trauma

Salah satu indikator atau penyebab tengkorak seseorang tidak rata yaitu trauma. Akibat dari kecelakaan mobil, jatuh, atau pukulan keras di kepala dapat menyebabkan disebut fraktur depresi pada tengkorak. Fraktur depresi berarti bahwa bagian tengkorak telah hancur ke arah otak Anda, semacam ini memerlukan perawatan medis darurat.

2. Penyakit gorham

Penyebab terjadinya tengkorak tidak rata bisa karena kondisi langka yang menyebabkan massa tulang digantikan oleh jenis jaringan lain. Penyakit gorham ini dapat menyebabkan keropos tulang di tengkorak Anda, sehingga penyok yang terlihat dalam beberapa kasus.

3. Kanker

Ada laporan kasus depresi tengkorak yang menyebabkan dokter, menemukan kanker pada seseorang. Kasus-kasus ini langka disebut kanker "penghancur tulang" (seperti multiple myeloma ) dapat menyebabkan depresi tengkorak dan ketidakteraturan tengkorak.

4. Paget’s disease of bone (penyakit paget tulang)

Penyakit paget diketahui bisa mengganggu kemampuan tubuh untuk mengganti jaringan tulang lama dengan jaringan tulang baru dan sehat. Hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih tulang di tengkorak yang menyebabkan sakit kepala dan gejala lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini