Share

Ini Penyebab Bisul di Kaki, Bisa Jadi Gejala Diabetes Loh

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Minggu 08 Mei 2022 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 07 481 2590485 ini-penyebab-bisul-di-kaki-bisa-jadi-gejala-diabetes-loh-WSqbebiPxE.jpg Ilustrasi Bisul di Kaki. (Foto: Shutterstock)

PENYEBAB bisul di kaki akan dibahas pada artikel kali ini. Bisul merupakan sebuah penyakit kulit yang umum terjadi dan siapa saja bisa mengalami hal ini. Dalam dunia kedokteran, bisul disebut sebagai furunkel.

Umumnya, bisul biasa muncul pada lipatan kulit yang lembab. Tetapi tidak memungkiri juga bisul bisa tumbuh pada bagian tubuh lain, seperti kaki. Meski tidak membahayakan, namun munculnya bisul pada bagian tubuh Anda akan menyebabkan rasa tidak nyaman.

Mengutip dari laman WebMD, umumnya bisul disebabkan oleh adanya infeksi kulit pada folikel rambut atau pada kelenjar minyak. Bakteri penyebabnya adalah Staphylococcus aureus.

Bisul pada Kaki

Selain itu, ada beberapa masalah kesehatan yang dapat menyebabkan munculnya bisul pada tubuh Anda, seperti:

- Diabetes

- Permasalahan pada sistem imun tubuh

- Kekurangan nutrisi

- Kurangnya kebersihan tubuh

- Terpapar bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit

Biasanya bisul muncul pada bagain wajah, leher, bahu, ketiak, dan bokong. Selain itu bisul juga bisa muncul pada bagian kaki. Gejalanya sama, yaitu kulit akan mengalami peradangan lalu akan membentuk benjolan. Benjolan ini biasnaya berisi nanah dan terasa nyeri.

Bisul bukanlah penyakit kulit yang serius. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan dengan beberapa cara.

Jika kaki Anda terdapat bisul, cara paling umum untuk mengatasinya adalah dengan mengompresnya dengan kompres hangat. Tujuannya adalah untuk mempercepat pecahnya bisul. Anda bisa melakukannya selama kurang lebih 10 menit.

Tapi, hindari untuk memencet atau menusuk bisul Anda sendiri karena hal tersebut justru akan memperparah kulit kaki Anda. Selain mengompres dengan kompres hangat, Anda juga bisa menggunakan obat-obatan medis untuk mengobati bisul pada kaki Anda.

Ada dua jenis obat medis, yaitu obat topikal atau obat oles dan obat oral atau obat yang diminum. Obat topikal untuk mengobati bisu antara lain, mupirocin, gentamicin, dan benzocaine. Sedangkan obat oral antara lain, clindamycin, cephalexin, paracetamol atau ibuprofen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini