Share

Ciri-Ciri Bisul Tanpa Mata dan 3 Cara Mengobatinya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Minggu 08 Mei 2022 12:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 07 481 2590490 ciri-ciri-bisul-tanpa-mata-dan-3-cara-mengobatinya-V9GCAENamD.jpg Ilustrasi Bisul. (Foto: Freepik)

ADA ciri-ciri bisul tanpa mata harus Anda ketahui. Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada kulit adalah munculnya bisul. Bisul muncul karena adanya infeksi kulit pada folikel rambut atau kelenjar minyak pada bawah kulit.

Umumnya, bisul disertai dengan titik putih β€˜mata’. Namun, ternyata ada juga kondisi dimana bisul tumbuh tanpa adanya titik putih yang menonjol. Kondisi ini disebut sebagai bisul tanpa mata.

Umumnya, bisul memiliki ciri berupa benjolan yang berwarna kemerahan yang berisi nanah di dalamnya. Tapi, secara penampilan ciri-ciri bisul tanpa mata mudah dibedakan dengan bisul dengan mata. Ciri paling kentara adalah tidak adanya titik putih pada benjolan bisul atau yang biasa disebut sebagai pastula dalam dunia medis.

Bisul tanpa mata

Ciri lainnya adalah bisul tanpa mata bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja, seperti wajah, ketiak, bokong, punggung, dan dada. Untuk ukurannya pun berbeda-beda, ada yang sebesar kacanng polong hingga sebesar bola golf.

Kebanyakan bisul tanpa mata bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus dilakukan treatment secara khusus. Namun, jika Anda ingin mempercepat menghilangkan bisul Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

Gunakan kompres air hangat

Mengompres bisul dengan air hangat dapat mengurangi rasa nyeri dan juga membuat nanah naik ke permukaan kulit. Sehingga bisul tanpa mata dapat sembuh dengan sendirinya setelah beberapa kali dikompres. Anda cukup melakukan kompres air hangat selama 10 menit dalam beberapa hari.

Tidak disarankan untuk memecahkan bisul

Memecahkan bisul atau memencet bisul memang bisa mempercepat bisul itu hilang dari tubuh Anda. Tapi cara ini dapat menyebabkan infeksi dan memperparah keadaan.

Gunakan obat sesuai rekomendasi dokter

Ada beberapa obat-obatan yang direkomendasikan dokter untuk mengobati bisul antara lain, mupirocin, clindamycin, dan cephalexin.

Nah, itulah informasi mengenai Ciri-Ciri Bisul Tanpa Mata dan Cara Mengobatinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini