Share

Podcast Perindo: Praktisi Ungkap Cara Buat Tubuh Sehat di Masa Menuju Endemi

Novie Fauziah, Okezone · Sabtu 07 Mei 2022 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 07 612 2590439 podcast-perindo-praktisi-ungkap-cara-buat-tubuh-sehat-di-masa-menuju-endemi-gEq3QjEKBI.jpg Podcast Aksi Nyata bersama praktisi gaya hidup sehat. (Foto: YouTube Partai Perindo)

BANYAK negara, termasuk Indonesia, sedang berjalan menuju endemi. Ini setelah dua tahun lebih dilanda pandemi covid-19 yang membuat semua orang harus lebih ketat menjaga kesehatan.

Praktisi gaya hidup sehat, Saidan, mengatakan pentingnya menjaga tubuh agar tetap sehat. Tidak hanya karena adanya covid-19, namun setelah pandemi berlalu masyarakat diimbau lebih menjaga kesehatan tubuhnya.

Baca juga: Hadiri Halalbihalal Ponpes Babakan Cirebon, Perindo: Santri Miliki Integritas untuk Jadi Penerus Bangsa 

"Tips saya untuk masyarakat Indonesia, bagaimana kita menjaga kesehatan untuk menuju endemi ini. pertama adalah faktor disiplin," ujar Saidan dalam Podcast Aksi Nyata di kanal YouTube Partai Perindo, Sabtu (7/5/2022).

Podcast Aksi Nyata bersama praktisi gaya hidup sehat. (Foto: YouTube Partai Perindo)

Ia mengatakan, faktor disiplin yang dimaksud ada tiga yaitu disiplin dalam olahraga, karena sangat penting menjaga kebugaran tubuh agar tidak mudah sakit terutama di masa-masa pandemi.

Baca juga: Perindo: Alumni Ponpes Berikan Kontribusi Pemenangan Etika Politik 

"Logikanya, kita punya mobil selama 20 tahun. Jika selama 20 tahun itu tidak diservis apa yang terjadi? Begitu juga dengan tubuh kita, perlu diservis. Caranya dengan olahraga," katanya.

Cara kedua, disiplin dalam pola makan, yakni melakukan diet. Memerhatikan asupan nutrisi, serat, dan protein supaya asupan tubuh terpenuhi. Bahkan, protein yang bisa dikonsumsi tidak melulu harus mahal. Misalnya, cukup dengan tahu dan tempe yang merupakan protein dari nabati. Mudah dan murah didapat.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Ketiga, minum air putih yang banyak, karena kebutuhan cairan dalam tubuh sangat penting. Sebab, 90 persen tubuh manusia memerlukan air, jika sampai kekurangan dikhawatirkan akan gagal ginjal.

Baca juga: Partai Perindo Hadiri Halalbihalal Alumni Ponpes Babakan Cirebon 

Keempat, disiplin dalam istirahat dan tidur. Saidan menambahkan bahwa manusia membutuhkan tidur selama 7 hingga 8 jam per hari. Hal ini juga sebagai recovery untuk tubuh.

"Otot berkembang itu saat Tidur, bukan saat kita lagi latihan. Jadi harus ada recovery. Pola tidur harus cukup 7–8 jam. Siang kalau ada waktu tidur 1 jam," terangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini