Share

Podcast Perindo: Kesadaran Olahraga Masyarakat Meningkat saat Pandemi

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 07 Mei 2022 19:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 07 612 2590445 podcast-perindo-kesadaran-olahraga-masyarakat-meningkat-saat-pandemi-YLmru4FQik.jpg Podcast Aksi Nyata bersama praktisi gaya hidup sehat. (Foto: YouTube Partai Perindo)

PRAKTISI gaya hidup sehat, Saidan, mengungkapkan pentingnya olahraga bagi masyarakat. Jenis-jenis olahraga cukup bervariatif, jadi tidak melulu soal angkat beban. Bisa bersepeda, lari, atau olahraga cardio lainnya.

Saidan mengatakan saat ini olahraga sudah menjadi habit atau gaya hidup masyarakat. Hal ini terlihat kesadaran olahraga, khususnya saat pandemi cukup meningkat.

Baca juga: Podcast Perindo: Praktisi Ungkap Cara Buat Tubuh Sehat di Masa Menuju Endemi 

Podcast Aksi Nyata bersama praktisi gaya hidup sehat. (Foto: YouTube Partai Perindo)

"Karena kita sudah menjadi habit, olahraga dilakukan sehari -hari," ujar Saidan dalam Podcast Aksi Nyata di kanal YouTube Partai Perindo, Sabtu (7/5/2022).

Lebih lanjut, ada sejumlah risiko penyakit yang disebabkan apabila seseorang jarang olahraga. Misalnya, penyumbatan pembuluh darah, kolesterol, gula darah tinggi, jantung coroner, hingga stroke.

Baca juga: Hadiri Halalbihalal Ponpes Babakan Cirebon, Perindo: Santri Miliki Integritas untuk Jadi Penerus Bangsa 

Waktu berolahraga juga bisa disesuaikan atau fleksibel. Bisa juga dilakukan secara rutin, misalnya dalam satu minggu dilakukan lima sampai enam kali. Akan tetapi perlu diingat, jelas dia, setelah olahraga diperlukan istirahat yang cukup agar tubuh tidak mudah kelelahan.

"Harus ada recovery atau istirahat, karena kalau digeber, kita menjadi katabolik (kondisi otot) atau kekurangan nutrisi, sehingga kita bisa tekena gejala typus," terangnya.

Saidan menambahkan, manusia membutuhkan tidur selama 7 hingga 8 jam per hari. Hal ini juga sebagai recovery untuk tubuh.

"Otot berkembang itu saat tidur, bukan saat kita lagi latihan. Jadi, harus ada recovery. Pola tidur harus cukup 7–8 jam. Siang kalau ada waktu tidur 1 jam," tukasnya.

Baca juga: Perindo: Alumni Ponpes Berikan Kontribusi Pemenangan Etika Politik 

Baca juga: Partai Perindo Hadiri Halalbihalal Alumni Ponpes Babakan Cirebon 

Podcast Aksi Nyata bersama praktisi gaya hidup sehat. (Foto: YouTube Partai Perindo)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini