Share

Gejala Umum Hepatitis Akut Anak yang Perlu Diwaspadai

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 09 Mei 2022 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 09 481 2591100 gejala-umum-hepatitis-akut-anak-yang-perlu-diwaspadai-K6yGfedB34.jpg Waspadai gejala hepatitis akut (Foto: Shutterstock)

KEMUNCULAN Hepatitis akut pada anak atau disebut sakit misterius jadi fenomena yang dikhawatirkan di dunia. Secara umum gejala awal penyakit Hepatitis akut antara lain mual, muntah, sakit perut, diare, kadang disertai demam ringan.

Selanjutnya, gejala akan semakin berat seperti air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB berwarna putih pucat. Menurut Dr dr Muzal Kadim, SpA(K), Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi IDAI, langkah utama untuk mencegah keparahan Hepatitis akut yaitu orang tua harus memahami gejala dari Hepatitis akut tersebut.

 hepatitis akut

"Pertama ya tentunya kalau ada demam bisa diberikan obat penurun demam panas itu di rumah banyak ibu-ibu biasanya sudah menyiapkan. Apa lagi punya harus menyiapkan obat-obat penurun panas," tutur Dokter Muzal.

Dokter Muzal mengingatkan agar orangtua, melihat reaksi atau kondisi tubuh sang anak setelah diberikan obat pertama (penurunan panas). Bila ada mual atau muntahnya, bisa diberikan obat pereda mual, juga diperhatikan agar anak tidak dehidrasi.

"Kalau misalnya muntahnya cukup sering, ya kalau di rumah ada obat-obat untuk anti muntah yang tentunya bisa. Supaya tidak dehidrasi tetap diberikan cairan yang penting minumnya (bisa diberikan setiap 3-5 menit)," jelasnya.

Tapi dia mengingatkan bila diare merupakan penyakit biasa, dialami anak-anak dalam setahun 2-3 kali. Jika anak tidak mengalami perubahan lebih baik, dia meminta para orangtua untuk segera membawa anak-anaknya ke fasilitas kesehatan (Puskesmas/RS) terdekat.

 BACA JUGA:Cegah Hepatitis Akut, Dokter Ingatkan Jaga Kebersihan Tangan Anak!

"Biasa suatu kejadian endemis ya kita di Indonesia ini sering terjadi pada anak ya setahun dua tiga kali, penyebabnya Rotavirus (diare). Sesuai dengan diare kalau misalnya masih berlanjut bisa dibawa ke RS," tambahnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini