Share

Ciri-Ciri Kanker Otak Stadium 1, 2, 3, dan 4 yang Perlu Anda Sadari

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 09 Mei 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 09 481 2591258 ciri-ciri-kanker-otak-stadium-1-2-3-dan-4-yang-perlu-anda-sadari-Wkt50UJ5uF.jpeg Ciri-Ciri Kanker Otak Stadium 1, 2, 3. dan 4 (Foto: Healthline)

CIRI-ciri kanker otak stadium 1, 2. 3. dan 4 sangat berbeda satu dengan yang lainnya. Pada stadium awal, tentu gejala yang muncul tidak akan separah stadium akhir.

Penting bagi kita untuk memahami stadium kanker otak ini, terlebih mengetahuinya sejak dini. Sebab, penanganan kanker stadium awal akan jauh lebih baik hasilnya dibandingkan stadium akhir baru mendapat perawatan.

Lantas, apa ciri-ciri kanker otak stadium 1 2 3 4? Dilansir dari Cancer Center, Senin (9/5/2022), berikut ulasan selengkapnya.

Ciri-Ciri Kanker Otak Stadium 1, 2, 3, dan 4

(Ciri-Ciri Kanker Otak Stadium 1, 2, 3, dan 4, Foto: Healthline)

Untuk menentukan stadium kanker otak, ada beberapa indikatornya mulai dari ukuran dan lokasi, jenis jaringan atau sel yang terpengaruh, seberapa mungkin tumor diangkat dengan pembedahan (resectability), pun sudah sejauh mana penyebaran kanker di dalam otak atau sumsum tulang belakang.

"Penilaian lengkap juga akan mempertimbangkan usia dan gejala kanker otak yang membatasi fungsi dasar seperti bicara, mendengar, atau bergerak," terang laporan tersebut.

Menentukan level stadium kanker otak ternyata berbeda dengan kanker lain. Misal pada kasus kanker paru-paru, usus besar, atau payudara, jenis kanker itu ditentukan stadiumnya berdasarkan lokasinya di tubuh, ukuran, keterlibatan kelenjar getah bening, dan kemungkinan penyebarannya.

"Nah, kalau penentuan kanker otak, itu dinilai berdasarkan seberapa agresif sel kanker muncul di bawah mikroskopi," tambah laporan itu.

Nah, apa ciri-ciri kanker otak stadium 1 2 3 4?

Stadium 1

Kanker otak stadium 1 biasanya tumor tumbuh perlahan dan jarang menyebar ke jaringan terdekat. Amat sangat memungkinkan untuk dilakukan pengangkatan tumor dengan operasi pembedahan.

Stadium 2

Pada stadium 2, tumor tumbuh perlahan tetapi tidak menyebar ke jaringan terdekat atau kambuh. Artinya, 'tubuh' sel kanker membesar namun tidak memengaruhi jaringan lain di sekitarnya.

Stadium 3

Tumor tumbuh dengan cepat, ada kemungkinan menyebar ke jaringan terdekat, dan sel tumor terlihat sangat berbeda dari sel normal.

Stadium 4

Tumor tumbuh dan menyebar dengan sangat cepat, dan sel tumor tidak terlihat seperti sel normal. Jadi, itu dia ciri-ciri kanker otak stadium 1 2 3 4 yang perlu Anda perhatikan dan waspadai. Ingat, semakin dini kanker ditemukan, semakin tinggi kemungkinan sembuhnya. Kondisi akan sangat berbeda jika kanker ditemukan pada stadium lanjut dan belum pernah ada penanganan pengobatan sama sekali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini