Share

Sering Dikira Sama, Ini Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Senin 09 Mei 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 09 611 2590860 sering-dikira-sama-ini-perbedaan-sunscreen-dan-sunblock-3YEwWYVdGv.jpg Sunscreen dan sunblock tidak sama (Foto: Timesofindia)

BEBERAPA orang menganggap sunscreen adalah bahasa lain dari sunblock. Keduanya memang berperan sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan matahari.

Meski memiliki kata depan yang sama, bukan berarti kedua produk ini juga memiliki fungsi yang sama. Ternyata, keduanya menyediakan perlindungan terhadap matahari dengan cara berbeda. Dikutip dari Times of India, simak selengkapnya berikut ini.

Sunscreen

Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya digunakan untuk menyaring sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari. Ini adalah jenis pelindung kulit yang paling umum digunakan dan tersedia secara di pasaran. Sunscreen umumnya memiliki konsistensi yang lebih ringan jika dibandingkan dengan sunblock. Sebab, keduanya memiliki formulasi dan tujuan penggunaan yang berbeda.

Sunscreen juga lebih mudah untuk dibersihkan, bahkan terkadang bisa hilang hanya dengan keringat. Oleh karenanya, para ahli kerap mengimbau untuk mengaplikasikan sunscreen secara berkala agar bisa melindungi kulit secara optimal. Selain itu, mereka juga merekomendasikan sunscreen untuk digunakan setiap hari, tidak hanya saat cuaca panas atau ketika beraktivitas di luar ruangan saja.

BACA JUGA : 3 Kriteria Tabir Surya yang Baik untuk Kulit, Jangan Cuma Mahal!

BACA JUGA : Jangan Malas Pakai Sunscreen, Hindari Risiko Kena Kanker Kulit Loh

Sunblock

Sementara sunblock bisa dibilang tidak sepopuler sunscreen. Tujuan penggunaan produk sunblock adalah untuk memantulkan sinar matahari sehingga tidak menembus kulit. Sunblock dibuat menggunakan formula yang berbeda, menghasilkan konsistensi yang lebih kental dan berat seperti pasta.

Oleh karenanya, sunblock jauh lebih sulit untuk dibersihkan dan tidak mudah luntur dibandingkan dengan sunblock atau tabir surya biasa. Dengan begitu, sunblock pun bisa melindungi kulit secara optimal. Inilah alasan mengapa sunblock sangat ideal untuk melindungi kulit saat berenang di kolam renang atau pantai.

Lantas, lebih bagus sunscreen atau sunblock?

Baik sunscreen maupun sunblock sebenarnya sama-sama mampu memberikan perlindungan kulit dari paparan sinar matahari. Namun untuk memilihnya, Skin Cancer Foundation mengungkap, bisa disesuaikan dengan jenis kulit.

Untuk orang dengan jenis kulit sensitif, seng oksida dan titanium oksida dalam sunblock lebih bisa ditoleransi. Bahan-bahan tersebut juga biasanya ditemukan dalam produk untuk anak-anak yang memiliki kebutuhan berbeda akan perlindungan dari sinar matahari.

Sementara untuk orang dengan kondisi kulit yang rentan alergi harus menghindari produk yang mengandung wewangian, pengawet, oxybenzone, atau PABA yang umumnya ditemukan dalam sunscreen. Pilihlah sunscreen atau sunblock dengan minimal SPF 30, perlindungan spektrum luas, dan tahan air. Dan jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang secara berkala agar sunscreen bisa bekerja secara maksimal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini