Share

Cuaca Panas Terik, Coba Tips agar Terhidrasi Optimal!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 09 Mei 2022 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 09 612 2591185 cuaca-panas-terik-coba-tips-agar-terhidrasi-optimal-34L1LdgfEI.jpg Mengatasi cuaca panas terik (Foto: Freepik)

CUACA panas terik tengah dirasakan sebagian masyarakat di sejumlah wilayah Indonesia. Kondisi ini bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun hingga akhirnya membuat Anda gampang sakit.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat selama periode 1-7 Mei 2022, suhu di Indonesia berkisar 33-36,1 derajat celcius. Suhu maksimal yaitu 36,1 derajat celcius terjadi di wilayah Tangerang-Banten dan Kalimarau-Kalimantan Utara.

Lantas, bagaimana menjaga tubuh agar tetap fit dan terhidrasi optimal selama cuaca panas terik ini?

Dilansir dari laman resmi NSW Health, berikut tips selengkapnya:

 minum banyak air

1. Minum banyak air

Minum air yang cukup akan membantu Anda tetap terhidrasi dan ini baik untuk memastikan tubuh Anda tetap fit juga. Warna urin bisa menjadi barometer Anda menentukan apakah minum sudah cukup atau belum.

Ya, jika warna urin tampak kuning pekat, maka Anda harus perbanyak konsumsi air putih. Hindari minuman beralkohol, air yang terlalu panas, dan minuman manis termasuk teh dan kopi.

2. Jaga tubuh tetap dingin

Untuk yang satu ini, Anda disarankan untuk banyak makan sayuran dan buah yang segar dan dingin. Direkomendasikan juga untuk mengenakan pakaian longgar berwarna terang yang terbuat dari katun jika Anda beraktivitas di luar ruangan.

Jangan sampai lupa untuk mengoleskan sunblock atau kenakan topi. Melembapkan kulit dengan pelembap pun penting agar kulit tidak kering di cuaca panas terik. Tak berhenti di situ, upayakan jangan keluar ruangan pada pukul 11 siang dan 5 sore.

"Bila tubuh terasa terbakar, kompres dengan handuk basah. Boleh juga rendam kaki di air es," saran laman tersebut.

3. Pastikan rumah tetap sejuk

Anda yang memiliki AC di rumah mungkin akan sedikit terbantu di saat cuaca panas terik seperti sekarang. Tapi, kalau yang tidak punya, upaya yang bisa dilakukan adalah menutup jendela dan tutupi dengan gorden.

Selain itu, upayakan menggunakan kompor atau oven seminimal mungkin. Penggunaan dua alat masak tersebut bisa menambah udara panas di rumah. Bila ada spot sejuk di rumah, Anda bisa habiskan banyak waktu di sana.

 BACA JUGA:Cuaca Panas, Tumpukan Petasan di Lapak Pedagang Meledak

4. Hal lain yang tak boleh dilupakan

Di situasi seperti sekarang, penting untuk Anda punya perlengkapan darurat. Semisal, alat kompres hingga peralatan jika listrik mati yang bisa membuat udara di rumah semakin panas.

"Tidak ada salahnya punya kontak yang bisa Anda hubungi jika kondisi darurat terjadi, baik itu keluarga atau rumah sakit," tambah laporan tersebut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini