Share

Pakar Ungkap Minat Gen Z dan Milenial Indonesia di Dunia Pertanian

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 09 Mei 2022 20:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 09 612 2591376 pakar-ungkap-minat-gen-z-dan-milenial-indonesia-di-dunia-pertanian-UMJDjkodd7.jpg Podcast Aksi Nyata Perindo (Foto: YouTube/Partai Perindo)

AGRICULTURE expert Insan Syafaat mengungkap kondisi dunia pertanian di Indonesia. Dia mengungkapkan, tingkat ketertarikan anak-anak muda di Indonesia dengan dunia pertanian cukup tinggi.

Hal tersebut dia paparkan di Podcast Aksi Nyata Partai Perindo #DariKamuUntukIndonesia. Kali ini podcast tersebut membahas soal ‘Smart Farming: Bertani ala Gen Z dan Milenial’.

Dia bahkan optimis minat anak-anak muda di Indonesia terhadap dunia pertanian. “Kalau lihat dari ketertarikan (anak muda), harusnya Indonesia itu termasuk tinggi daripada negara-negara ASEAN lainnya,” kata Insan Syafaat seperti dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo, Senin (9/5/2022).

Podcast Aksi Nyata Perindo

Hal itu, sambung dia, terlihat dari banyaknya start-up pertanian yang sudah ada di Indonesia. Artinya, meski tidak terjun langsung ke lapangan, minat anak muda terhadap dunia pertanian cukup tinggi.

“Banyak yang mau kerja di pertanian tapi bukan bagian operation, tapi minat misalnya jadi job-job creator seperti start-up-start-up,” ujarnya.

BACA JUGA : Podcast Aksi Nyata Partai Perindo Buka-bukaan soal Dunia Pertanian Bareng Pakarnya

Baginya, start-up seperti itu dapat berkontribusi membantu para petani. Terlebih menurut dia teknologi dan dunia digital dapat membantu kinerja para petani menjadi lebih mudah.

“Dari 36 juta, hanya sekitar 20 persen petani yang melek sama teknologi seperti sosmed, cuma sedikit. Nah, PR-nya adalah gimana caranya memberi kesadaran temen-temen petani melek dengan teknologi dan media sosial, karena sebenarnya ini membantu banget,” ungkap dia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini