Share

7 Makanan yang Wajib Dihindari ketika Sarapan, Bikin Cepat Gemuk!

Pradita Ananda, Okezone · Selasa 10 Mei 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 10 298 2591875 7-makanan-yang-wajib-dihindari-ketika-sarapan-bikin-cepat-gemuk-eviVeKPslM.jpeg Makanan yang wajib dihindari saat sarapan (Foto: Healthline)

MAKANAN yang wajib dihindari ketika sarapan penting untuk Anda ketahui. Karena, salah menu sarapan, bisa mempengaruhi kondisi tubuh dan mood seharian loh!

Nah, dari banyak menu sarapan, ternyata ada beberapa yang wajib dihindari. Apa saja makanan yang wajib dihindari ketika sarapan di pagi hari tersebut?

Melansir Healthline, Selasa (10/5/2022) yang sudah ditinjau secara medis oleh ahli gizi Amy Richter, RD, berikut ulasan singkat tujuh makanan wajib dihindari saat sarapan. Salah satunya karena dapat membuat berat badan naik alias bikin cepat gemuk!

1. Sereal tinggi gula

Makanan yang Wajib Dihindari ketika Sarapan

(Makanan yang Wajib Dihindari ketika Sarapan, Foto: Healthline)

Manis, renyah, mudah dan cepat disajikan, sereal memang menu sarapan kesukaan banyak orang. Tapi sayangnya, sereal biasanya penuh gula dan rendah protein, yang artinya dengan cepat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Alhasil, Anda akan cepat merasa lapar lagi karena hormon insulin penurun gula darah mulai bekerja.

BACA JUGA : Ingin Turunkan Berat Badan, Jangan Skip Sarapan Bestie!

2. Pancake atau waffles

Lembut, fluffy dan manis, kombo satu ini memang biasanya disantap saar sarapan. Tapi tahukah Anda kalau pancake dan waffle bukan sarapan yang bergizi. Dua jenis makanan ini sering dibuat dengan tepung putih halus dan ditambah olesan butter atau mentega serta sirup, yang pada dasarnya adalah gula murni. Artinya, menu ini tinggi kalori, lemak, dan gula, namun kurang protein dan serat.

BACA JUGA : Ini Bahaya Minum Kopi Sebelum Sarapan, Perut Jangan Kosong!

3. Roti panggang oles butter

Simpel dan mudah, hanya butuh roti dan butter. Sayangnya tidak bisa menopang tubuh dalam waktu yang lama karena kurangnya protein. Sebagian besar kalori dalam roti panggang mentega berasal dari karbohidrat dalam roti dan lemak dari butter.

4. Muffin

Paling enak menyantap muffin bersama secangkir kopi bukan untuk sarapan? Well, muffin dianggap menu sehat jika terbuat dari bran, oats, ditambah buah-buahan seperti bluberi atau apel. Padahal tidak demikian, karena biasanya kebanyakan muffin dibuat dengan tepung putih halus, minyak, dan banyak gula, dan hanya sedikit protein atau serat. Selain itu, juga tinggi kalori loh! Bahkan bisa beberapa mengandung hampir 400 kalori per satu porsi muffin.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

5. Jus buah

Makanan yang Wajib Dihindari ketika Sarapan

(Makanan yang Wajib Dihindari ketika Sarapan, Foto: Healthline)

Ini bukan pilihan minuman terbaik untuk sarapan, meski mengandung nutrisi dan antioksidan, jus buah tinggi akan kandungan gula tapi rendah akan serat. Masih jauh lebih baik konsumsi buah potong segar saja.

6. Breakfast pastries

Donat, cinnamon rolls, roti danish, dan toaster pastries jadi pilihan praktis untuk sarapan saat terburu-buru. Tapi ini harus dihindari nyatanya, karena ini bukan pilihan yang baik untuk sarapan. Sebab tinggi gula, lemak, dan kalori sementara rendah protein dan serat. Ini artinya, tidak akan bisa membuat perut kenyang dalam waktu yang lama.

7. Yoghurt manis dan rendah lemak atau tanpa lemak

Yogurt memang sumber protein dan probiotik yang baik, yang berfungsi meningkatkan kesehatan pencernaan. Tapi harus hati-hati, sebab banyak jenis yogurt yang padat akan gula tambahan.Tak hanya itu, banyak jenis yogurt populer telah menghilangkan sebagian besar atau semua kandungan lemaknya, yang berarti kemungkinan jadi kurang mengenyangkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini