Share

Terbukti! Ini 3 Gerakan Yoga yang Ampuh untuk Meredakan Nyeri Haid

Karina Asta Widara , Jurnalis · Selasa 10 Mei 2022 08:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 10 481 2591530 terbukti-ini-3-gerakan-yoga-yang-ampuh-untuk-meredakan-nyeri-haid-q9J0q9oHSV.jpg Gerakan Yoga yang benar mampu mengatasi nyeri haid pada wanita./ foto: Freepik

Banyak perempuan yang mengalami PMS (pre-menstrual syndrome) beberapa waktu menjelang siklus menstruasinya. Keluhan yang sering dialami adalah kram perut, nyeri perut bagian bawah, pinggang dan pegal di seluruh tubuh. Semua ini bisa muncul sekaligus atau secara terpisah bergantung kondisi fisik dan mental setiap orang.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengurangi keluhan tersebut, mulai dari mengonsumsi makanan yang tidak terlalu pedas dan menghindari minuman dingin bersoda, hingga meminum obat-obatan tradisional dan modern. Cukup asupan nutrisi dari mengonsumsi buah-buahan dan sayuran serta minum air 8 gelas setiap harinya dapat membantu kita agar tidak mengalami keluhan PMS atau nyeri haid.

Akan tetapi, biasanya keluhan itu tetap muncul karena kelelahan dan stress. Oleh karena itu, ada salah satu cara yang dapat dilakukan setiap kali PMS atau saat menstruasi tanpa harus mengonsumsi obat-obatan. Cara tersebut adalah olahraga, tepatnya yoga.

Yoga adalah salah satu olahraga yang berfokus pada pengaturan teknik pernafasan, postur dan meditasi, serta dapat dilakukan oleh siapapun tanpa melihat usia dan jenis kelamin. Pada dasarnya yoga dimaksudkan untuk melatih kontrol atas tubuh dan pikiran sehingga menumbuhkan rasa tenang dan rileks.

Banyak manfaat dari latihan yoga secara rutin sebut saja yang sudah sangat dikenal adalah meningkatkan kelenturan tubuh. Tetapi, selain itu pun yoga mampu meningkatkan kekuatan otot, energi dan stamina, menurunkan berat badan serta mencegah terjadinya cedera pada saat melakukan pekerjaan berat.

Berkaitan dengan keluhan PMS, terdapat beberapa sikap yang dapat membantu meringankan atau meredakan nyeri haid tersebut. Apa sajakah itu?

1. Downward Dog (adho mukha shvanasana)

Downward dog adalah salah satu gerakan dalam kategori gerakan asana (postur atau sikap) di mana seseorang berdiri dan duduk selama bermeditasi. Tetapi dalam hal ini, posisi Downward dog justru tidak dilakukan sambil duduk justru sambil berdiri dan membungkuk ke arah depan.

Apabila sulit untuk membungkuk secara penuh, tumit pada kedua kaki dapat diangkat sedikit saja sehingga posisi kaki lurus dan punggung dalam kondisi lurus, tidak melengkungkan punggung dan membengkokkan kaki. Posisi ini sebenarnya mampu menguatkan kaki dan lengan. Peregangan pada bagian kaki, tangan, bahu, betis, dan panggul dapat meringankan pegal di seluruh tubuh.

2. Child pose (balasana)

Child pose pun merupakan salah satu sikap asana yang meniru gerakan seorang anak saat tidur. Sikap ini terbagi menjadi sikap pasif dan aktif yang keduanya memiliki manfaatnya sendiri. Pada dasarnya gerakan ini mampu meringankan rasa pegal dan sakit pada leher, bahu, punggung, dan pinggul.

● child pose aktif

Perbedaan sikap aktif dan pasif dapat dilihat melalui posisi tangan yang diregangkan ke arah depan hingga terasa tarikan pada bahu dan punggung (sikap aktif), sedangkan sikap pasif membiarkan kedua tangan rileks di samping tubuh.

● child pose pasif

Beberapa dari kita mungkin mengalami kesulitan pada saat melipat kaki sehingga dibutuhkan alas yang nyaman atau menambahkan selimut tipis di antara betis dan bokong. Relaksasi terjadi ketika kita mengontrol pernafasan sebab kita memaksimalkan aliran pernafasan pada bagian belakang torso.

Peregangan dan teknik pernafasan pada sikap Child Pose ini tidak hanya mampu meredakan nyeri pada perut bagian bawah dan seluruh tubuh yang identik dengan fisik kita, melainkan juga mengurangi tekanan pada mental berupa stress dan gelisah. Tidak sedikit perempuan mengalami nyeri haid luar biasa karena tingkat stress yang tinggi dari pekerjaannya atau aktifitas sehari-harinya.

3. Bridge (Setu Bandha Sarvangasana)

Sikap Asana lainnya adalah Bridge, posisi ini sebenarnya tidak dimulai dengan posisi duduk atau berdiri melainkan telentang. Sikap ini pada dasarnya meregangkan tubuh bagian atas seperti dada, leher, tulang punggung dan pinggul, juga menguatkan punggung, bokong dan paha bawah.

Peregangan ini kemudian mampu memperbaiki sirkulasi darah apabila dilakukan dengan teknik pernafasan yang baik. Pernafasan yang teratur pada saat menarik dan menghembus nafas menstimulasi organ dalam seperti paru-paru, kelenjar tiroid dan organ pencernaan untuk bekerja lebih baik. Beberapa ahli yoga menyebutkan bahwa sikap ini mampu meredakan gejala awal menopause jika dilakukan secara teratur.

Beberapa dari perempuan yang mengalami PMS seringkali merasa lelah tetapi kesulitan untuk tidur, sehingga sikap Bridge ini dapat membantu gangguan tidur kita seperti insomnia. Bridge dapat dilakukan di atas tempat tidur atau di lantai bergantung pada kenyamanan kita selama kepala bagian belakang, leher, pundak, lengan dan telapak kaki dapat sejajar.

Kesulitan awal dalam melakukan sikap ini adalah mengangkat bokong dan mempertahankannya selama 5-10 hitungan. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menganjal bagian pinggang dengan bantal atau guling.

Tiga sikap Asana di atas dapat dilakukan kapan pun kita merasa membutuhkannya, tapi lebih baik jika kita melakukannya sesaat sebelum tidur di malam hari dan setelah bangun tidur di pagi hari.

Setiap sikap dapat dilakukan selama 5-10 hitungan bergantung kepada kemampuan masing-masing orang. 1 hitungan dilakukan pada saat menarik nafas dalam sampai menghembus perlahan melalui mulut. Teknik pernafasan ini bahkan sangat penting untuk semua jenis sikap yoga sehingga dibutuhkan latihan pernafasan secara rutin.

Pada akhirnya dengan melakukan ketiga sikap ini, nyeri haid dan keluhan lainnya yang seringkali memang muncul pada 1-2 hari pertama haid, bahkan sampai selesai siklus menstruasi dapat dapat berkurang secara bertahap.

Demikian informasi mengenai 3 sikap yoga untuk mengurangi nyeri haid. Mudah bukan? Kamu dapat mencobanya di rumah jika mengelami nyeri saat datang bulan.

Ingin tahu lebih tentang permasalahan dan cara mengatasi haid? Kunjungi charmgirlstalk.com untuk artikel-artikel menarik lainnya seputar menstruasi, kesehatan perempuan, dan pubertas. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan hadiah menarik hanya dengan melakukan registrasi di website charmgirlstalk.com

Caranya mudah, cukup registrasi dengan alamat email kamu, baca artikel dan meninggalkan komentar kamu di artikel-artikel yang sudah ada. Goldpoin yang kamu kumpulkan dapat di-redeem menjadi hadiah-hadiah yang menarik! Yuk langsung buat akun di Charmgirlstalk.com dan dapatkan hadiahnya

Semoga dapat menambah wawasanmu, ya. Yuk, sebarkan artikel ini ke teman-temanmu yang lain biar mereka tahu.

(CM)

(Wid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini