Share

Menkes Ingatkan Hepatitis Akut Menular Lewat Makanan

Kevi Laras, Jurnalis · Selasa 10 Mei 2022 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 10 481 2591760 menkes-ingatkan-hepatitis-akut-menular-lewat-makanan-9bWTUSfp50.jpg Anak terkena hepatitis misterius (Foto: inc magazine)

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, penyakit hepatitis akut menular lewat makanan atau melalui mulut. Dia mengajak masyarakat agar selalu menjaga kebersihan.

Hal tersebut, ia sampaikan mengingat adanya penyakit Hepatitis akut misterius pada anak-anak di dunia, kini sudah masuk Indonesia.

 Menkes Budi

Menkes Budi menerangkan, bila Hepatitis akut menyerang anak usia di bawah 16 tahun.

"Virus ini menular melalui asupan makanan yang lewat mulut. Jadi, kalau bisa rajin cuci tangan. Kita pastikan apa yang masuk ke anak-anak kita bersih, karena menyerang di bawah 16 tahun lebih banyak lagi di bawah lima tahun," kata Menkes Budi.

Lebih lanjut, dia menjelaskan menjelaskan, ciri-ciri penyakit hepatitis akut. Yang ditandai dari demam dan tingginya indikator serum glutamic oxaloacetic transaminase (SGOT) dan serum glutamic pyruvic transaminase (SGPT).

"SGPT dan SGOT itu normalnya di level 30-an. Kalau sudah naik agak tinggi lebih baik refer ke fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan) terdekat," tambahnya

Dalam kesempatan yang sama, Budi menjelaskan Kementerian Kesehatan telah melakukan diskusi bersama CDC AS dan Inggris untuk membahas Hepatitis akut misterius ini. Namun hasilnya, penyebab dari sakit ini belum bisa dipastikan.

Dia juga mengatakan adanya, kemungkinan virus Adenovirus 41 menjadi penyebab belum bisa dipastikan. Sebab dalam banyak kasus, juga tidak ditemukan virus tersebut.

 BACA JUGA:Satu Bayi di Padang Meninggal Dunia, Diduga Akibat Hepatitis Misterius

"Kami sendiri sudah melakukan koordinasi dan diskusi CDC Amerika dan Inggris satu hari setelah lebaran. Kami juga banyak mendapat informasi dan kesimpulannya, memang belum dapat dipastikan virus apa penyebab Hepatitis akut ini," jelas Menkes Budi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini