Share

4 Alasan Utama Flek Hitam Muncul di Wajah

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 10 Mei 2022 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 10 611 2591913 4-alasan-utama-flek-hitam-muncul-di-wajah-HnDrq63rPA.jpg Ilustrasi Kulit Wajah. (Foto: Shutterstock)

WAJAH glowing, bersih dan sehat tentu menjadi dambaan setiap wanita. Sayangnya, kerap kali kulit kita tiba-tiba muncul flek hitam yang bisa menurunkan kepercayaan diri.

Flek hitam bisa terjadi ketika kulit terpapar sinar matahari secara langsung, polusi, debu, kotoran dan udara tidak sehat lainnya. Dengan kondisi tersebut, hal ini akan dapat menyebabkan timbulnya flek hitam di wajah ataupun masalah kulit lainnya.

Pada dasarnya, flek hitam pada kulit, atau hiperpigmentasi, terjadi ketika beberapa area kulit menghasilkan lebih banyak melanin daripada biasanya. Melanin merupakan pigmen pemberi warna pada mata, kulit, dan rambut. Mari simak ulasan berikut mengenai apa saja faktor penyebab munculnya bintik hitam pada kulit.

Flek Hitam

Kemunculan flek hitam pada kulit wajah terkadang cukup mengganggu bahkan menurunkan kepercayaan diri.

Paparan Sinar UV

Paparan sinar matahari yang langsung menyentuh kulit wajah akan mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak melanin. Yang kemudian memunculkan flek hitam pada wajah. Sehingga penggunaan sunscreen atau sunblock setiap hari sangat dianjurkan untuk kulit Anda sebelum beraktivitas ke luar.

Hormon

Hormon yang tidak seimbang adalah penyebab flek hitam di wajah. Ketidakseimbangan ini biasanya terjadi pada hormon estrogen, progesteron, dan melanin stimulating. Sehingga kondisi seperti ini akan lebih sering dialami wanita hamil. Flek hitam ini akan muncul pada trimester ketiga kehamilan.

Jerawat

Jerawat hampir selalu meninggalkan flek hitam di wajah. Meski dapat memudar seiring waktu, disarankan untuk tidak menyentuh atau memecahkan jerawat guna menghindari tinggalnya bintik hitam pada kulit wajah.

Kosmetik

Kandungan dari kosmetik tertentu bisa menjadi penyebab flek hitam di wajah. Hal ini disebabkan karena terdapat bahan kimia dalam kosmetik. Bahan kimia ini dapat memicu melanocyte atau terjadinya produksi melanin berlebihan.

Beberapa bahan dalam kosmetik juga dapat memicu fotosensitivitas. Kondisi ketika kulit wajah menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari meskipun berada di dalam ruangan seharian.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini