Share

5 Pesan Moral dari Film KKN di Desa Penari, Apa Saja?

Syifa Fauziah, Jurnalis · Selasa 10 Mei 2022 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 10 612 2591883 5-pesan-moral-dari-film-kkn-di-desa-penari-apa-saja-ya8k8G1em3.jpg Film KKN di desa penari (Foto: inst)

SAAT ini dunia perfilman kembali menggeliat termasuk di Indonesia. Banyak rumah produksi mulai berlomba-lomba menyajikan film-film terbaik mereka.

Salah satunya adalah film KKN di Desa Penari. Film garapan MD Pictures ini diangkat dari cerita yang ditulis oleh akun Twitter @SimpleM81378523 beberapa waktu lalu.

Dalam film KKN di Desa Penari mengisahkan tentang pengalaman sekelompok mahasiswa yang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa di Jawa Timur. Dalam cerita itu dibuat dua versi, yakni versi Nur dan Widya. Cerita yang ditulis oleh akun tersebut begitu menyeramkan hingga mencuri perhatian netizen.

 KKN di desa penari

Sempat viral di media sosial, kemudian kisah itu diangkat ke layar lebar. Rupanya animo masyarakat begitu tinggi yang ingin melihat cerita KKN di Desa Penari dalam bentuk visual. Tak heran dalam waktu 9 hari penayangan, film ini tembus lebih dari 3 juta penonton.

Film ini tak hanya mengisahkan tentang pengalaman menyeramkan para sekelompok mahasiswa saja, ada pesan moral yang bisa penonton ambil bila menyaksikan film ini.

Berikut 5 pesan moral yang bisa diambil dari film KKN di Desa Penari. Apa saja?

1. Kompak dengan sesama kelompok

Dalam kisah KKN di desa penari, hubungan antar kelompok ada yang renggang. Nilai moral yang bisa diambil adalah ketika pergi ke suatu tempat bersama satu kelompok harus kompak. Misal terjadi sesuatu harus diselesaikan bersama. Jangan saling egois. Selain itu juga harus saling menghargai satu dan lainnya.

2. Wajib menghormati adat istiadat setempat

Dalam cerita di film KKN di Desa Penari, tokoh Ayu dan Bima berbuat tindakan asusila yang tidak pantas. Mereka melakukan itu di desa tempatnya sedang KKN. Selain itu mereka juga menanam pohon di tengah jalan yang membuat masyarakat sekitar merasa tidak nyaman. Hal itu justru menimbulkan dampak negatif bagi kelompok itu.

Pesan moral yang bisa diambil adalah, sebaiknya saat datang ke suatu daerah, tentunya kita harus menghormati setiap adat istiadat yang dijunjung oleh daerah tersebut.

3. Melakukan pendekatan dengan warga sekitar

Saat kita datang ke suatu tempat dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya melakukan pendekatan dengan warga sekitar. Ini dilakukan agar kita tak salah langkah.

Pendekatan dengan warga juga penting untuk melancarkan program yang dijalankan. Bila masyarakat setempat memberikan masukan maka sebaiknya kita menjalankannya.

4. Saat mencintai seseorang wajib pakai logika

Dalam film itu dikisahkan jika Bima melakukan segala cara untuk mendapatkan Widya. Padahal sejatinya, cinta tak boleh dipaksakan. Jadi pakailah logika saat mencintai seseorang agar tidak berlebihan. Sebab semua yang berlebihan itu tidak sehat.

 BACA JUGA:KKN Di Desa Penari, Film Lokal Pesaing Doctor Strange 2

5. Menjaga kewarasan saat membaca sebuah cerita

Sejak cerita KKN di Desa Penari viral di media sosial, banyak orang yang merasakan takut saat menjalani KKN. Hal tersebut sebenarnya wajar terjadi. Namun Sebaiknya para penonton harus menyikapi cerita ini dengan penuh kewarasan, sebab yang namanya cerita pasti ada yang dikurangi dan juga dilebihkan. Jadi jangan terlalu tenggelam dalam ceritanya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini