Share

6 Makanan Penyebab Kanker Usus, Nomor 1 Sering Jadi Menu Sarapan!

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 298 2592489 6-makanan-penyebab-kanker-usus-nomor-1-sering-jadi-menu-sarapan-5LeKzIJIee.jpeg Makanan Penyebab Kanker Usus (Foto: Healthline)

MAKANAN penyebab kanker usus penting untuk Anda ketahui. Karena salah satu cara terbaik mengurangi potensi terkena penyakit kanker usus ialah dengan menghindari pemicunya.

Ya, sederet makanan memang kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena penyakit kanker usus. Merangkum berbagai sumber, Rabu (11/5/2022) berikut ulasan singkat enam makanan penyebab kanker usus.

6. Daging merah

Makanan Penyebab Kanker Usus

(Makanan Penyebab Kanker Usus, Foto: Healthline)

Daging merah dinilai berdampak buruk bagi kesehatan usus, terutama usus besar. Daging merah seperti daging sapi, babi, domba, kambing apalagi yang dimasak dengan suhu tinggii (dipanggang dan dibakar) bisa menyebabkan zat penyebab kanker jadi terbentuk. Batasi konsumsi daging merah, cukup maksimal 500gram atau kurang per minggunya. 500 gram daging merah yang dimasak hampir sama dengan 700gram daging merah mentah. Makan lebih dari ini dapat meningkatkan risiko kanker usus.

BACA JUGA : Cegah Kanker Usus, Batasi Konsumsi Daging Merah

5. Daging olahan

Mengutip Webmd yang sudah ditinjau secara medis oleh ahli gizi Minesh Khatri, MD, makan daging olahan seperti daging yang diasapi, diawetkan, diasinkan, atau diawetkan dengan bahan kimia tambahan contohnya hot dog, bacon, ham, bologna, dan daging kemasan seperti ini disebutkan meningkatkan peluang terkena kanker usus besar dan perut.

BACA JUGA : Hindari Terkena Kanker Usus, Banyak Konsumsi Sayur dan Buah!

4. Alkohol

Sering minum minuman beralkohol meningkatkan sampai 20 persen peluang terkena kanker usus. Jika Anda termasuk tipe peminum berat, risikonya naik sampai 40 persen loh!

3. Minuman manis

Makanan Penyebab Kanker Usus

(Makanan Penyebab Kanker Usus, Foto: Healthline)

Selain menyebabkan obesitas, minuman manis juga disebut bisa menyebabkan kanker usus. “Gula dalam minuman seperti soda dapat menyebabkan peradangan kronis. Peradangan bisa menyebabkan berbagai jenis kanker di seluruh tubuh, termasuk kanker usus besar,” kata Dr. Bogdan Protyniak

2. Makanan tinggi pati dan lemak

Dikutip dari laman resmi Baptist Health Primary Care, dalam dua studi yang dirilis saat National Colorectal Cancer Awareness Month, makanan tinggi pati seperti kue kering dan kerupuk kemasan, makanan tinggi lemak jenuh daging olahan,susu dan keju utuh, makanan yang digoreng serta lemak trans contohnya margarin dan krimer kopi adalah jenis makanan yang berkaitan dengan peradangan yang menyebabkan kanker usus.

1. Roti putih

Disebut Dr. Bogdan Protyniak, ahli bedah kolorektal di Geisinger Wyoming Valley Medical Center, ternyata roti putih yang biasa dijadikan menu sarapan dapat meningkatkan risiko kanker usus. Biji-bijian olahan dalam roti putih dan makanan tepung putih lainnya bisa meningkatkan kadar gula darah, yang menyebabkan resistensi insulin.

Inilah yang dapat meningkatkan risiko kanker usus besar. Alih-alih roti putih, disarankan memilih roti gandum, pasta, dan oat yang bisa meningkatkan asupan serat dan mengurangi risiko kanker usus besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini