Share

Cegah Terpapar Hepatitis, Yuk Bersihkan Daging Sayur dan Buah dengan Benar

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2022 18:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 298 2592599 cegah-terpapar-hepatitis-yuk-bersihkan-daging-sayur-dan-buah-dengan-benar-bn4LpDA0uH.jpg Mencuci Buah dan Sayuran. (Foto: Highend)

ADANYA penyakit hepatitis misterius memang membuat orangtua harus mengajarkan anak untuk membersihkan tangan dengan sabun dan air atau dengan pembersih tangan berbasis alkohol. Tapi, tidak hanya tangan yang harus dibersihkan loh, sayur, buah bahkan daging pun perlu untuk dicuci sebelum dikonsumsi.

dr Nina Dwi Putri, SpA(K) dari Unit Kerja Koordinasi Infeksi Tropik Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memberikan tips untuk membersihkan sayuran, buah serta daging. Nina mengimbau agar sayur, buah dan daging dibersihkan secara terpisah, karena daging mentah dapat mengkontaminasi sayuran dan buah.

Cuci buah terlebih dahulu, sayur lalu daging. Sehabis mencuci atau mengolah daging, alat masak dan area masak harus dibersihkan dengan sabun dan jika mungkin dengan air panas.

Mencuci buah dan sayuran

"Masak bahan makanan sampai matang, termasuk telur agar menghindari dari infeksi bakteri, pastikan meminum air minum yang bersih dan matang," ujar Nina seperti dilansir dari Antara.

Menurutnya, ada yang bisa disimpan di kulkas atau bekukan daging, unggas, telur, seafood atau boga bahari, dan makanan mudah busuk lainnya dalam waktu dua jam setelah dimasak atau dibeli.

Jangan menyimpan makanan kering maupun basah di dalam kamar tidur. Makanan menarik serangga yang dapat menularkan penyakit. Jika menyimpan sisa minuman dalam gelas, tutup bagian atas gelas.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini