Share

Suhu Panas Terik Sebabkan Banyak Lompatan Virus dari Hewan ke Manusia, Simak Faktanya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2022 12:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 481 2592279 suhu-panas-terik-sebabkan-banyak-lompatan-virus-dari-hewan-ke-manusia-simak-faktanya-WPqarEDWW8.jpg Suhu panas terik (Foto: istock)

BEBERAPA wilayah di Indonesia sedang mengalami suhu panas terik. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat suhu maksimal menembus 36,1 derajat celcius.

Suhu panas terik seperti ini ternyata berpotensi banyak lompatan virus dari hewan ke manusia. Artinya, penyakit zoonosis dianggap akan lebih banyak muncul.

 suhu panas terik

Tapi, menurut Ahli Kesehatan Lingkungan Dicky Budiman hal tersebut tidak terjadi secara langsung dan banyak faktor yang memengaruhinya. Satu contoh adalah suhu panas yang berlangsung lama akan membuat hewan punah dan ini menyebabkan lompatan virus hewan ke manusia.

"Karena udara terus memanas, hewan berisiko punah. Virus yang ada di hewan tersebut tidak punah sayangnya, virus malah akan mencari 'host' atau 'rumah baru' tempat mereka hidup dan itu bisa saja ke manusia," terang Dicky.

Selain karena punah, meningkatnya risiko penyakit zoonosis juga karena semakin dekatnya hewan ke manusia. Kontak erat yang terjadi antara hewan dan manusia ini yang menyebabkan lompatan virus amat besar kemungkinannya.

Di sisi lain, Dicky pun menjelaskan bahwa perubahan iklim akibat pemanasan global yang sekarang sedang dirasakan masyarakat dunia juga berdampak pada pergeseran karakter penyakit. Maksudnya, jika dulu penyakit demam berdarah atau malaria ditemukan di dataran rendah, kini penyakit yang disebabkan oleh vektor nyamuk tersebut bisa ditemukan di dataran tinggi.

"Itu terjadi karena suhu di dataran tinggi sudah tidak sedingin dulu, karena pemanasan global suhu dataran tinggi sekarang lebih hangat dan ini memungkinkan nyamuk pembawa penyakit bisa hidup di sana. Padahal dulu nyamuk enggak bisa hidup di dataran tinggi," komentar Dicky.

 BACA JUGA:BMKG Ungkap Penyebab Suhu Panas Sepekan Terakhir hingga 36 Derajat

"Contohnya di Nepal. Dulu, di negara itu jarang sekali ditemukan nyamuk, beda dengan negara-negara pesisir pantai yang banyak nyamuk. Tapi sekarang, penyakit demam berdarah atau malaria sudah ada di Nepal. Ini contoh nyata bahwa pemanasan global berdampak juga pada keselamatan kesehatan manusia," tambahnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini