Share

Update! 6 Anak Meninggal Diduga Akibat Hepatitis Misterius

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2022 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 481 2592304 update-6-anak-meninggal-diduga-akibat-hepatitis-misterius-01oHcsn28R.jpg Anak terkena hepatitis misterius (Foto: istock)

HEPATITIS misterius terus merenggut nyawa. Kabar terbaru mengatakan bahwa 6 anak meninggal dunia akibat hepatitis misterius.

Menurut laporan Coconut, 2 anak di Sumatera meninggal dunia setelah menunjukkan gejala hepatitis akut. Karena adanya penambahan kasus meninggal ini, jumlah kematian akibat hepatitis misterius di Indonesia sebanyak enam anak.

 anak terkena hepatitis misterius

Dinas Kesehatan Solok, Sumatera Barat, melaporkan seorang bayi berusia 2 bulan diduga terkonfirmasi hepatitis misterius dan meninggal dunia. Beberapa jam kemudian, seorang anak berusia 2 tahun di Medan, Sumatera Utara, dinyatakan meninggal dunia dengan gejala merujuk pada hepatitis misterius.

"Tapi, untuk memastikan pasien ini terinfeksi hepatitis misterius, kami harus melakukan tes di Jakarta," kata Ismail Lubis, Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara, Rabu (11/5/2022).

Bertambahnya dua anak di Sumatera meninggal dunia diduga karena hepatitis misterius menambah jumlah kematian kasus penyakit ini. Indonesia sendiri mencatat sebelumnya ada 4 anak meninggal dunia diduga karena hepatitis misterius, 3 kematian dilaporkan di Jakarta dan 1 kematian di Tulungagung, Jawa Timur.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebelumnya mengatakan bahwa pemerintah telah mendeteksi 15 kasus dugaan hepatitis misterius sejak 27 April 2022. Saat ini, kata Menkes, pemerintah tengah bekerja sama dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan negara lain yang terkena dampak untuk menentukan penyebab penyakit.

Menkes Budi dalam paparannya juga mengimbau kepada masyarakat, khususnya orangtua, agar memastikan kebersihan anak-anaknya. Rajin cuci tangan dan tidak makan sembarangan, serta tidak menggunakan alat makan bersamaan adalah upaya pencegahan yang bisa dilakukan.

WHO sendiri menjelaskan bahwa prevalensi kasus hepatitis misterius banyak menyerang anak-anak berusia antara 1 bulan hingga 16 tahun, namun paling tinggi kasusnya pada anak usia di bawah 10 tahun,

 BACA JUGA:Diduga Hepatitis Misterius, 1 Bocah di Sumut Meninggal dan 1 Lagi Masih Dirawat di RS

Hingga saat ini hepatitis misterius belum diketahui penyebabnya. Namun, para ahli masih meyakini secara teori bahwa adenovirus diduga menjadi penyebabnya mengingat banyak pasien penyakit ini yang positif adenovirus.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini