Share

Bestie Ini Manfaat Lulus Kuliah Lebih Cepat, Salah Satunya Bisa Segera Raih Karier

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2022 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 612 2592242 bestie-ini-manfaat-lulus-kuliah-lebih-cepat-salah-satunya-bisa-segera-raih-karier-AnrYD7qfuE.jpg Kuliah dengan serius agar lulus lebih cepat (Foto: European union)

SAAT ini mahasiswa jenjang S1 menempuh pendidikannya selama 8 semester atau selama 4 tahun untuk dapat lulus tepat waktu. Namun beberapa hal yang perlu dipahami mahasiswa sedari awal. Mulai dari panduan perkuliahan hingga kegiatan yang diikuti selama masa studi.

Agar bisa lulus kuliah lebih cepat tentu perjuangannya akan lebih berat. Oleh karenanya, minimal kamu harus bisa mengejar lulus kuliah tepat waktu. Sebab, ada banyak keuntungan ketika kamu lulus kuliah lebih cepat, terlebih bila mampu meraih nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang baik.

 meraih karir

Keuntungan lulus kuliah tepat waktu antara lain kamu bisa mengejar kesempatan karier lebih tinggi. Lulus di usia muda akan memberi jalan lebih panjang dalam memperoleh banyak hal. Ada banyak waktu yang tersedia untuk kamu dalam usaha meraih cita-cita.

Director Binus Online Learning, Dr. Agus Putranto, S.Kom., MT, M.Sc menjelaskan, jika kamu mulai meniti karir di usia lebih muda, maka potensi jenjang karir ke depan akan semakin terjaga. "Kamu bisa menempati posisi strategis di usia tergolong muda, dengan bekal kelulusan lebih cepat. Ini akan membuat peluang kamu mencapai kondisi finansial yang baik lebih terbuka."

Kemudian, kesempatan untuk mendapatkan beasiswa untuk lanjut kuliah jenjang S2 juga terbuka lebar. Sebab, kamu memiliki nilai plus di mata penyedia beasiswa.

"Kamu dianggap memiliki komitmen dan bertanggung jawab dalam menuntaskan studi tepat waktu," ujarnya.

Sementara, banyak mahasiswa yang kini sudah menyadari bahwa berlama-lama kuliah adalah pemborosan. Maka, berusaha lulus lebih cepat akan menekan pengeluaran biaya kuliah. Jika kamu kuliah lebih lama, maka setiap semesternya akan ada biaya lagi, bahkan totalnya lebih tinggi dibanding lulus tepat waktu.

Dari sisi individu, kamu akan lebih dapat menikmati hidup di masa muda. Sebab, waktu yang ada dapat kamu gunakan untuk banyak hal, alih-alih menghabiskan waktu di ruang kelas kuliah.

Adapun manfaat lulus kuliah cepat berikutnya adalah memberikan kebahagiaan untuk orangtua. Sebab, mereka akan melihat buah hatinya sukses di usia yang tergolong masih muda. Orang tua akan senang melihat kamu mencapai prestasi atau menggapai karir lebih dini.

Guna mencapai ini, terdapat kuliah S1 jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Program ini memungkinkan mahasiswa lulus lebih cepat. Semua aktivitas perkuliahan, dilakukan secara online. RPL adalah program penyetaraan akademik yang disesuaikan pengalaman kerja dan atau pelatihan bersertifikasi minimal tiga tahun.

“Keuntungan dari program ini, mahasiswa dapat tetap bekerja dan merasakan fleksibilitas kuliah online. Jika kamu berhasil menyetarakan lima mata kuliah online, maka masa studi kamu berkurang satu semester. Namun, jika kamu menyetarakan hingga capaian maksimal, maka kamu hanya perlu kuliah selama lima semester,” jelasnya.

 BACA JUGA:4 Zodiak Paling Beruntung di Bulan Mei, Asmara dan Karier Pisces Makin Jaya!

Konsep pendidikan konvensional tatap muka sekarang mulai tergeser semenjak pandemi Covid-19, membatasi ruang gerak aktivitas. Maka, metode perkuliahan online bisa jadi solusi. Apalagi saat ini pemerintah malah memperpanjang PPKM.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini