Share

Apakah Penyakit Kuku dan Mulut Serang Anjing atau Kucing?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2022 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 612 2592450 apakah-penyakit-kuku-dan-mulut-serang-anjing-atau-kucing-QHSR1Io0qL.jpg Kucing merupakan binatang peliharaan (Foto: Wallpaper acces)

PENYAKIT kuku dan mulut banyak menyerang hewan berkuku dua di Jawa Timur. Tingkat penularan penyakit ini antarhewan sangat tinggi, mencapai 90 hingga 100 persen.

Cara penularan penyakit kuku dan mulut lewat lendir dan angin. Jadi, jika ada satu hewan terinfeksi penyakit kuku dan mulut atau PKM, ada kemungkinan besar hewan di sekitarnya terpapar penyakit tersebut.

 kucing

Tapi, apakah semua hewan bisa terinfeksi penyakit ini? Apakah hewan peliharaan seperti anjing dan kucing bisa mengalami PKM juga?

Menurut Dokter Hewan drh Aisyah Purnomosari, penyakit kuku dan mulut spesifik hanya dialami oleh hewan berkuku dua. Hewan selain itu tidak.

"Anjing dan kucing bukan hewan yang rentan terinfeksi penyakit kuku dan mulut," kata drh Ais, sapaan akrabnya, Rabu (11/5/2022).

Hewan rentan terinfeksi PKM, sambung drh Ais, antara lain sapi, kambing, domba, babi, kerbau, kuda, rusa, dan unta.

Bagaimana mengenali hewan berkuku dua tersebut terinfeksi PKM?

Dokter hewan Ais menjelaskan, ada gejala khusus mengenali PKM. Gejala tersebut umumnya bisa dikenali dari penampilan luar hewan.

 BACA JUGA: Viral Tas Seharga Rp15,5 Juta, Bentuknya Mirip Kucing Asli!

"Gejala PKM itu tubuh hewan demam, tidak mau makan, mulut berbusa, air liur berlebihan, adanya lesi atau lepuh di gusi atau lidah, luka atau lesi di tracak (kadang disertai lepas kuku), pun jalan pincang," papar drh Ais.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini