Share

Sederet Manfaat Papercraft bagi Anak-Anak, Cocok untuk Bermain Sambil Belajar

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2022 18:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 612 2592585 sederet-manfaat-papercraft-bagi-anak-anak-cocok-untuk-bermain-sambil-belajar-MugwVb3SPR.jpg Ilustrasi Origami. (Foto: Freepik)

SENI origami memang menjadi salah satu seni yang populer di Jepang. Seni ini pun sudah dilakukan sejak masih di TK dan Sekolah Dasar. Belakangan origami pun berkembang menjadi papercraft, yang membuat bentuk secara tiga dimensi dari sebuah kertas.

Podcast Aksi Nyata Partai Perindo #DariKamuUntukIndonesia kali ini membahas seputar papercraft. Papercraft tersebut merupakan seni kreasi kertas dari origami yang dijadikan berbagai bentuk tiga dimensi.

Papercraft Entepreneur, Reza Mahmud Rauf mengatakan, banyak manfaat yang didapatkan dari membuat papercraft. Hal ini membuat papercraft bukan hanya sekadar hobi.

“Ada manfaat yang bagus untuk anak-anak. Misalnya, untuk melatih motorik halus mereka, melatih koordinasi antara mata dan tangan, serta mengajari 3D lebih dini,” kata Reza Mahmud Rauf seperti dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo, Rabu (11/5/2022).

Podcast Perindo

Di samping itu, papercraft juga bisa menjadi alternatif belajar sambil bermain bagi anak-anak, dan berkontribusi mengurangi waktu anak bermain gadget. “Pastinya anak-anak bisa mengurangi waktu gadget mereka,” ujarnya.

Bagi remaja, membuat papercraft bisa mengasah kreativitas dan bisa pula menjadikan karya papercraft bikinan sendiri sebagai hadiah. “Ini kan dirakit sendiri, jadinya lebih meaningful (sebagai hadiah),” kata dia.

Kemudian untuk orang dewasa dan para orangtua, papercraft bisa menjadi koleksi yang unik. “Bisa untuk koleksi, model acuan, hingga konten edukasi misalnya untuk anak-anak mereka,” ujar dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini