Share

Sensasi Menikmati Sate Domba Afrika yang Disantap dengan Pisang Tanduk

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 12 Mei 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 298 2592730 sensasi-menikmati-sate-domba-afrika-yang-disantap-dengan-pisang-tanduk-DtSaZT2vKI.jpg Sensasi Menikmati Sate Domba Afrika dengan Pisang Tanduk (Foto: Novie/MPI)

ORANG Indonesia sudah familiar dengan bentu sate seperti apa. Daging ditusuk dengan tusukkan bambu, dilumuri bumbu dan dibakar dengan arang panas. Tapi ada satu sate yang berbeda, bukan menggunakan tusukkan, melainkan dipanggang ala masakan Afrika.

Anda bisa datang ke Sate Domba Afrika. Ya, sate ini berbeda seperti pada umumnya. Menggunakan irisan daging domba pilihan, diolah dengan bumbu khas, serta teknik memasaknya pun cukup menarik.

Sate Domba Afrika

Sate Afrika ini terdiri dari irisan daging domba, dipanggang dengan potongan bawang bombay. Rasanya gurih, lezat. Meski cenderung kering, tapi teksturnya lembut serta mudah dikunyah. Dan yang paling penting tidak bau, karena menggunakan rempah-rempahnya cukup kuat.

Sebelumnya daging tersebut diolah, pertama-tama daging domba direbus hingga berjam-jam, lalu dikukus dan dibakar sehingga lemak yang menumpuk akan berkurang cukup banyak.

Sate Domba Afrika

Agar lebih nikmat, sate domba Afrika ini disajikan dengan sambal cabai merah segar pedas yang digiling dan ditumis. Serta dicampur dengan mayones, sehingga rasanya semakin kaya.

BACA JUGA : Cek Rekomendasi Sate Khas Pontianak ala Eric Herjanto

Menariknya lagi, sate domba Afrika ini disantap bukan dengan nasi melainkan pisang, lho. Pisang yang digunakan adalah jenis pisang tanduk yang sudah matang, dipotong menjadi beberapa bagian, serta digoreng dengan bumbu rahasia.

Sate Domba Afrika

Perpaduan gurihnya sate domba Afrika, disantap bersama sambal dan pisang tanduk goreng, merupakan kombinasi yang lezat dan pas. Juga tentunya sangat unik untuk lidah orang Indonesia.

BACA JUGA : 5 Jenis Sate Khas Indonesia, Lezat dan Mudah Ditemui

Owner Sate Domba Afrika Haji Malik, Raen Maliki mengatakan, bahwa ide membuat restoran sate domba Afrika ini dari hobinya makan saat di bangku kuliah dulu. Hingga akhirnya mantan pegawai bank ini membuka kedai sate tersebut di tahun 2018.

Selain itu ia juga mengklaim, jika satenya ini low kolesterol karena proses memasaknya yang cukup lama, yang kemudian mengurangi lemak pada daging domba tersebut sebelum akhirnya dipanggang.

Raen juga menyebut, kalau domba yang akan diolahnya ini harus memiliki bobot di atas 25 kilogram sebelum dipotong. Hal ini karena akan berpengaruh terhadap kualitas dagingnya.

"Untuk sate ini yaitu domba dengan berat di atas 25 kilogram," katanya saat ditemui di kedainya.

Owner Sate Domba Afrika

Raen juga mengatakan, bahwa sate yang dijualnya seluruhnya adalah daging. Tanpa menggunakan jeroan dan juga bagian kepala domba itu sendiri. Serta domba yang dipilihnya adalah karkas New Zealand atau Australia.

Selain sate domba Afrika, restoran ini juga menyediakan olahan daging domba lainnya seperti iga domba bakar, sop domba, kari domba hingga mi goreng domba panggang yang tak kalah lezat.

Harga per porsi menu domba di restoran ini mulai dari Rp55 ribu. Nah, jika Anda penasaran, bisa berkunjung ke restoran Sate Domba Afrika Haji Malik di Jalan Prof. dr. Satrio, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan. Buka mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini