Share

Dokter Minta Orangtua Jangan Lupa Masukkan Sayur dan Buah Dalam Asupan Anak

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 12 Mei 2022 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 298 2593064 dokter-minta-orangtua-jangan-lupa-masukkan-sayur-dan-buah-dalam-asupan-anak-MujQdT9NcB.jpg Sayur dan buah untuk asupan anak (Foto: Harvard university)

KESEHATAN merupakan hal utama bagi setiap orang, termasuk anak-anak. Berkaitan momen lebaran tentu, beragam penyakit bisa timbul pasca-lebaran akibat asupan yang kurang baik.

Dokter gizi mengatakan jika asupan sehat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh (Imunitas) berdasarkan usianya. Umumnya dalam asupan sehari-hari, asupan untuk anak yang perlu diperhatikan adalah asupan Vitamin D, Zink dan Vitamin C.

asupan anak

"Jadi itu berkaitan dengan imunitas, termasuk vitamin D, zink, vitamin C, dapat didapatkan dari makanan," ujar Ahli Gizi, dr Elfina Rachmi, MGizi, SpGK.

Dalam penjelasannya, Dokter Elfina mengingatkan para orangtua untuk memasukkan sayur dan buah dalam asupan sehari-hari anak. Sebab dalam sayur dan buah terdapat komponen protein, vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan imunitas.

Menurutnya, hal itu adalah salah satu modal utama dalam meningkatkan imun dalam tubuh anak atau orang dewasa. "Menjadi modal utama terbentuknya sistem imunitas, karena sel tubuh dan sel-sel imun. Itu sebagian besar terbentuknya dari komponen protein dan vitamin mineral sumbernya dari sayur dan buah," jelasnya.

Sehubungan dengan situasi di tengah pandemi Covid-19, dan munculnya Hepatitis akut misterius pada anak di dunia. Dia mengingatkan perlu adanya tambahan, bila anak demam.

Bahkan ia mengatakan jika anak sakit tertentu, bisa minum vitamin atau suplemen untuk menambah agar terbentuknya antibodi.

"Apabila kurang mungkin ada kebutuhan khusus apabila sedang demam atau penyakit. Berarti kebutuhannya meningkat. Boleh di bantu juga sumplementasi dosisnya juga sesuai kebutuhan anak," tambahnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini